by

Pengurusan SKKM Capai 5.943

Ambon, BKA- Surat Keterangan Keluar Masuk (SKKM) yang dibuat Pemerintah Kota Ambon untuk pelayanan masyarakat, hingga saat ini telah mencapai 5943 surat. Ini disampaikan oleh Jubir Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid 19 Kota Ambon, Joy Adriaansz, di Balai Kota, Kamis (9/7).
Data terakhir SKKM hingga kemarin yang telah diproses mencapai 5.943 surat itu, telah disetujui sebanyak 4886 surat. Sedangkan yang ditolak sebanyak 921 surat dan masih diproses sebanyak 136 surat. “Yang masuk hingga saat ini sudah mencapai 5.943 surat,” ujarnya.
Menurut dia, untuk data harian SKKM khusus untuk hari kemarin sebanyak 253 surat yang disetujui. Sementara 253 surat masih diproses dan 3 surat ditolak.
Jumlah tersebut tidak terlalu banyak dibandingkan jumlah SKKM yang masuk pada tanggal 8 Juli kemarin. Yang jumlahnya mencapai 326 surat, tetapi yang disetujui baru 260 surat. Sementara 44 surat telah ditolak.
“Sebagian besar surat yang masuk di posko dan yang disetujui karena alasan perjalanan untuk kepentingan yang mendesak dan penting. Termasuk kepentingan kegiatan kedinasan penanganan Covid-19,” imbuhnya.
Dengan begitu, masyarakat melakukan pengurusan terhadap surat keluar maupun masuk, telah disetujui untuk dapat melakukan aktivitas maupun bepergian ke luar kota Ambon maupun sebaliknya. Dan adanya surat yang ditolak, dikarenakan alasan yang tidak terlalu mendesak.
Joy mengaku, untuk persyaratan terhadap pengurusan surat keluar masuk selama PSBB, yakni e-KTP, SKKM, dan Surat Keterangan Tes Cepat Nonreaktif yang dikeluarkan rumah sakit atau fasilitas kesehatan yang terakreditasi.
Untuk itu, masyarakat dihimbau untuk memahami apa yang diberlakukan oleh Pemerintah Kota Ambon dalam penerapan PSBB. Karena aturan tersebut dibuat bukan untuk melarang, melainkan membatasi perjalanan.
“Kalau kita tidak mencegah masyarakat ini keluar, misalnya ketemu dengan keluarga yang ada di kecamatan Leihitu, Leihitu Barat maupun Salahutu atau daerah dengan zona hijau, maka kita tidak sayang masyarakat yang ada di daerah sana,” pesan Joy. (DHT)

Comment