by

Penumpang Ferry Wajib Kantongi Surat Gustu

Ambobn, BKA- PT ASDP Cabang Ambon telah menerima penumpang dengan surat yang diverifikasi oleh tim Gugus Tugas (Gustu) Covid 19 yang bertugas pda pelabuhan ferry yang ada. Hal ini disampaikan Manager Usaha PT ASDP Cabang Ambon, Abdillah, saat dihubungi koran ini, Kamis (4/6).

Menurutnya, untuk jumlah penumpang yang naik angkutan ferry tidak terlalu banyak. Yakni sebagian besar penumpang adalah pejalan kaki.

Karena pihaknya tidak lagi melakukan pendataan terhadap para penumpang yang berlayar menggunakan surat dari tim Gustu.
Dimana para penumpang yang telah mengantongi surat dari Gustu, dibolehkan menggunakan transportasi kapal ferry yang ada.

“Untuk yang menumpang memang yang ada bawa surat dari Gustu di pelabuhan. Tapi kami tidak mendata dan lebih banyak kalau dilihat itu yang pejalan kaki,” bebernya.

Dikatakan, untuk masyarakat yang membawa surat keterangan tersebut memang tidak diperiksa oleh pihaknya. Karena itu merupakan tugas dari Gustu yang ada di pelabuhan.

Dan pihaknya sama sekali tidak ikut mencampuri tugas dari Gustu termasuk untuk surat yang di sahkan oleh Gustu.

“Kami sama sekali tidak ada ikut campur untuk surat itu, kami hanya tahu itu suratnya sudah di acc oleh Gustu dan tiketnya kami jual,” pungkasnya.

Dengan begitu, setiap masyarakat yang lolos dari Gustu di pelabuhan boleh membeli tiket dan ikut menumpang pada ferry yang ada. Walaupun ASDP sendiri belum melayani penumpang biasa sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan oleh gustu provinsi.

Namun Ia mengaku, pihaknya dalam hal pelayaran hanya memfasilitasi masyarakat baik yang mengangkut logistik dan lainnya.

Dan penerimaan penumpang dengan surat tersebut, lanjutnya, telah diberlakukan saat ada pembatasan dan Gustu mengizinkan masyarakat dapat bepergian dengan menggunakan surat.

“Jadi kami ASDP hanya menyiapkan sarana saja. Di pelabuhan ada tim Gustu yang memverifikasi data penumpang. Ketika sudah lolos dari pemeriksaan Gustu, baru kita layani untuk pembelian tiketnya,” tutup Abdillah. (DHT)

Comment