by

Penyaluran Hewan Qurban Diinventarisir

Ambon, BKA- Jelang perayaan hari raya Idul Adha 1441 Hijriah yang jatuh pada tanggal 31 Juli 2020 nanti, Pemerintah Kota Ambon melakukan inventarisir terhadap penyaluran hewan kurban. Ini dilakukan untuk memastikan penyaluran hewan kurban berjalan dengan baik.

Mengingat, saat ini juga sudah ada permintaan yang dilakukan oleh panitia penyelenggara karena perayaan hari tersebut sudah semakin dekat.

Plt Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra), Fenly Masawoy mengaku, saat ini pihaknya telah menerima permintaan dari panitia penyelenggara terkait dengan bantuan hewan kurban.

Dengan begitu, selaku instansi terkait pihaknya telah menginventarisir hewan kurban yang ada, agar dapat mengetahui dengan pasti bantuan yang dapat diberikan.

“Saat ini kita sementara invetarisir hewan kurban karena sudah ada permintaan dari panitia, dan perayaan Idul Adha juga sudah mendekati hari pelaksanaannya,” terang Fenly, di Balai Kota, Selasa (21/7).

Selain menginventarisir hewan kurban, pihaknya juga akan memperketat protokol kesehatan terutama saat pembelian, penyembelihan hingga penyaluran hewan kurban kepada masyarakat. Hal tersebut dilaksanakan karena saat ini kota Ambon masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Dimana protokol kesehatan menjadi kunci utama dalam pencegahan.
Dengan begitu, sangat penting bagi masyarakat maupun pemerintah dalam menerapkan protokol kesehatan terutama saat perayaan hari besar keagamaan.

Hal tersebut juga didasarkan pada dua surat edaran yakni surat edaran dari Kementerian Agama RI tentang Pelaksanaan Ibadah Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban maupun surat edaran dari Dirjen Peternakan.

“Jadi untuk penyebelihan hewan kurban nanti, Pemkot sesuai agenda yang ada tentu akan berjalan sesuai protokol kesehatan dan anggaran yang disediakan. Namun kali ini pelaksanaanya berbeda, karena pandemi covid-19 maka kita akan sesuaikan dengan 2 surat edaran dari Kementerian Agama dan Dirjen Peternakan,” bebernya.

Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Kantor Departemen Agama Kota Ambon maupun Provinsi untuk melakukan sosialisasi kepada setiap masjin lewat panitia kurban yang ada. Sehingga pada saat perayaan Idul Adha, semua masyarakat dapat menerapkan protokol kesehatan.

“Jadi protokol kesehatan tetap berlaku. Petugas-petugas wajib menerapkan sosial distancing, memakai masker. Dan jika pada saat Idul Adha nanti kita masih penerapan PSBB transisi, kita akan didampingi Kementerian Agama apakah sudah sesuai surat edaran atau belum,” tukasnya (DHT)

Comment