by

Peran Orangtua Menjadi Ganda

Ambon, BKA- Pada pelaksanaan proses belajar mengajar di masa pandemi Covid-19 ini, peran maksimal orangtua sangat dibutuhkan oleh pihak sekolah.

Wakil Kepala SD A1 Xaverius Ambon, Merry Rahawarin, mengatakan, orangtua memiliki peran yang sangat penting saat ini dalam setiap proses pembelajaran, karena semuanya dilakukan dilakukan di rumah.

Sehingga peran orangtua di rumah saat ini menjadi ganda, katanya, selain sebagai orangtua juga berperan sebagai pendidik. Baik secara akademik, maupun non akademik.

“Memang di saat awal-awal proses PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) ini, ada keluahan dan kendala. Tapi semuanya itu sudah berjalan lancar sampai dengan saat ini. Itu berarti, orangtua sangat berperan di tengah pandemi ini. Kita guru hanya mengarahkan dari rumah saja,” ujar Rahawarin, Jumat (5/6).

Apalagi, katanya, dengan semakin luasnya penyebaran penyakit mematikan ini, maka telah memberi peluang Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di tahun ajaran 2020/2021 mendatang, akan kembali dilakukan secara daring. Apalagi hingga saat ini, belum ada keputusan pasti dari pemerintah, terkait teknis KBM tahun ajaran baru.

“Tandanya, KBM tahun ajaran baru nanti, akan dilakukan secara daring. Kalau nanti itu terjadi, maka peran dari orangtua sangat dibutuhkan selama pelaksanaan tahun ajaran 2020/2021 ini. Ini tidak bisa kita hindari. Sebab ini wabah yang tidak tahu kapan selesainya. Karena itu, kerja sama yang baik antara sekolah dan orangtua harus diperkuat jelang tahun ajaran baru nanti,” terangnya.

Untuk itu, semua hal terkait proses pembelajaran jarak jauh itu perlu dipersiapkan dengan matang, termasuk teknis pelaksanaannya. “Harus ada komunikasi yang terbuka antara pihak sekolah dan orangtua. Kalau tidak, maka dalam pelaksanaannya pun akan berjalan tidak maksimal,” pungkasnya.(LAM)

Comment