by

Perburuan Gelar Individu NBA Sudah Berakhir

NBA mengumumkan bahwa perburuan gelar individu untuk musim 2019-2020 sudah berakhir. Termasuk untuk Pemain Terbaik (MVP). Statistik pemain akan dihitung hingga penundaan NBA pada pertengahan bulan Maret lalu.

NBA pada hari Jumat, waktu Amerika Serikat, menyatakan bahwa tidak ada lagi penghitungan statistik yang berkaitan dengan gelar individu. Bahkan pemungutan suara untuk All-NBA, Rookie of the Year, Defensive Player of the Year sudah ditutup. Jadi pencapaian pemain pada delapan pertandingan sebelum playoff tidak dihitung dalam penentuan gelar individu.

Biasanya, perburuan gelar individu di NBA berlangsung selama musim reguler, dan berlanjut hingga playoff. Tetapi kondisinya kali ini berbeda. Peserta liga 30 klub, sedangkan yang bisa bertanding di Disney World hanya 22 tim saja.

“Keputusan untuk tidak melanjutkan penghitungan statistik tersebut agar ada keadilan di antara 30 tim peserta liga. Mereka semua sudah berjuang selama musim reguler. Jadi para pemain akan punya kesempatan yang sama meraih gelar individu,” tulis NBA dalam memo yang dikirim ke The Associated Press.

Keputusan liga tersebut membuat kesempatan Giannis Antetokounmpo menambah pundi-pundi angka di statistik untuk mempertahankan gelar MVP sudah berakhir. Sama halnya dengan Zion Williamson yang berburu gelar Rookie of the Year tahun ini. Dengan begitu, Zion yang hanya memainkan 19 pertandingan musim ini bisa jadi tidak bisa mendapatkan gelar tersebut. Justru kali ini, Ja Morant yang bisa merebut gelar ruki terbaik.

Bila dilihat dari catatan statistik saat ini, atau sebelum niatus NBA, James Harden menempati posisi pertama untuk pencetak poin terbanyak dengan 34,4 poin per gim. Lalu pemain Cleveland Cavaliers, Andre Drummond memimpin perolehan rebound dengan 15,2 rebound per gim. LeBron James memimpin catatan asis dengan 10,6 asis per gim.

Untuk blok per gim terbanyak musim ini dipegang oleh Hassan Whiteside dengan 3,1 blok per gim. Sedangkan steal terbanyak dibuat oleh Ben Simmons dengan 2,1 steal per gim. (INT)

Comment