by

Perlu Ada Motivasi Bagi Guru

Ambon, BKA- Kebijakan belajar dari rumah yang diambil Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sebagai upaya mencegah penyebaran wabah Covid-19, kemungkinan besar masih dilakukan di tahun ajaran baru 2020/2021 mendatang.

Kebijakan tersebut dibuat sebagai bentuk prioritas pemerintah terhadap keselamatan peserta didik.

Kepala SD Negeri 72 Ambon, Rina Malawau, mengatakan, jika proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) akan kembali dilakukan di tahun ajara baru nanti, maka kesiapan dan sumberdaya guru perlu disiapkan secara baik.

Karena menurutnya, kunci efektifitas sistem pembelajaran daring adalah bagaimana seorang guru tetap kreatif untuk menyajikan pembelajaran secara menyenangkan dan mudah dimengerti, sehingga siswa tidak merasa bosan dan tetap produktif di rumah.

“Karena itu, sangat penting sekolah memotivasi guru untuk merancang strategi pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif, kreatif dan menyenangkan. Walaupun melalui belajar daring dengan aplikasi zoom dan media lainnya,” ujar Malawau, Minggu (28/6).

Untuk itu, lanjutnya, walau belum ada keputusan pemerintah terkait pola pembelajaran yang akan digunakan pada tahun ajaran baru mendatang, namun SD Negeri 72 Ambon sudah melakukan berbagai bentuk antisipasi. Diantaranya, memotivasi guru untuk mengembangkan pola pembelajaran daring.

“Sekolah masih menunggu anjuran dari Dinas Pendidikan, termasuk mengenai modul pembelajaran dari pemerintah. Pada prinsipnya, sekolah tetap berjalan dengan aturan. Jadi, kalau belum ada anjuran, maka tetap berpegang pada kurikulum yang sudah berjalan selama ini,” tutupnya. (LAM)

Comment