by

Perlu Perhatian Maksimal Dari Orangtua

Kepala SD Negeri 2 Ambon, Eunike Piterz, mengatakan, jika pada tahun ajaran baru, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) kembali dilakukan, maka yang sangat diperlukan adalah perhatian yang maksimal dari orangtua.

Pasalnya, kata Piterz, hanya dengan perhatian orangtua yang maksimal, dapat membantu pihak sekolah dalam menyukseskan pembelajaran jarak jauh tersebut.

“Perhatian orangtua sangat dibutuhkan sekali. Karena, maskipun para guru sudah berjuang dengan sekuat tenaga, mendesain pembelajaran yang unik dan inovatif. Tapi kalau tidak ditunjang oleh orangtua, maka tidak mungkin berjalan lancar. Perlu kerja sama yang baik, jika PJJ mau berkualitas,” ujar Piterz, Rabu (24/6).

Menurutnya, perhatian orangtua sangat diperlukan. Mengingat sekolah yang dipimpinnya itu memiliki keterbatasan. Sebagian besar anak-anak didiknya tidak ditunjang dengan fasilitas yang mendukung, seperti, HP android, pulsa maupun pulsa data, untuk mendukung mereka dalam proses pembelajaran secara online atau daring.

Untuk itu, kata Piterz, tidak ada cara lain yang bisa dilakukan, selain menjalankan proses belajar mengajar tersebut secara manual atau offline, dengan tetap mengacu pada protokoler kesehatan.

“Masalahnya adalah, apakah orangtua masih bisa menerima itu atau tidak. Bahwa ditahun ajaran baru nanti, PJJ akan kembali dilakukan. Sebab, berkaca pada beberapa bulan terakhir ini, banyak orangtua yang mengeluh, karena merasa terbeban dengan tanggung jawab mendampingi anak belajar setiap hari. Sehingga dengan adanya wacana PJJ, ini juga membuat kita harus banyak kerja keras,” ungkapnya.

Lanjut Pitersz, pihaknya akan terus melakukan komunikasi dengan orangtua agar bisa mengarahkan proses belajar anak nantinya.

Menurutnya, semua upaya yang dilakukan itu, demi dan untuk masa depan anak-anak. Sehingga dirinya sangat berharap, baik orangtua maupun para guru agar tidak saling menyalahkan pada proses mendatang.

“Pihak sekolah dan orangtua tidak harus saling menyalahkan, tapi harus saling mendukung untuk membangun. Terkait dengan keterbatasan yang ada, kita tidak paksakan untuk penuhi itu. Yang terpenting, kita saling kerja sama. Dan diharapkan, orangtua bisa lebih tingkatkan perhatian kepada anak,” tandasnya. (LAM)

Comment