by

Perlu Strategi Pembelajaran Tepat Bagi ABK

Ambon, BKA- Sekolah Luar Biasa (SLB) Nania terus berbenah diri untuk menciptakan stategi pembelajaran yang tepat bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di masa pandemi Covid-19.

Hal itu dirasakan penting untuk dilakukan sebelum proses belajar mengajar kembali dilakukan di tahun ajara baru 2020/2021 pada 13 juli nanti.

“ABK, perlu strategi pembelajaran yang tepat, sesuai dengan kebutuhkan mereka di tengah Covid-19 ini. baik itu melalui offline maupun online. Karena PJJ tentu akan kembali dilakukan,” ujar Kepala SLB Nania, Endah Pertiwi, Rabu (8/7).

Sebagai pendidikan, katanya, para guru harus memastikan setiap anak mendapatkan kesempatan pembelajaran yang berkualitas, walau berada di tengah-tengah pandemi Covid-19.

“Untuk kesiapan itu, maka besok, kita akan melakukan rapat untuk membahas dan mengatur strategi yang tepat bagi pola pembelajaran yang tepat. Dan pastinya, strategi itu sesuai dengan kebutuhan ABK ini,” ungkapnya.

Selain itu, pada rapat tersebut juga akan dibahas tentang upaya penanganan dan pencegahan Covid-19 terhadap peserta didik. Pasalnya, dari berbagai segi, ABK sangat berbeda jauh dibanding siswa regular. Sehingga perlu kesiapan yang matang, sebelum sekolah kembali di buka 13 Juli nanti.

“Anak-anak ini memiliki resiko yang lebih besar dibanding anak usia sebaya. Ini dikarenakan sebagian besar, pemahaman terhadap Covid-19 dan risikonya tidak dipahami atau tidak tahu resiko, tidak paham cara menghindari, dan daya tahan mereka tertentu lebih rentan. Karena itu, banyak hal yang harus dipersiapkan oleh sekolah maupun orangtua nanti,” tutur Pertiwi

Untuk itu, pihaknya juga terus mempersiapkan mental dari para siswa agar dapat menerima perubahan, berdamai dengan kondisi baru, serta menggali hal-hal yang menyenangkan.

“Itu semua akan kita masukan dalam strategi pembelajaran, karena itulah yang menurut kita tepat bagi mereka di saat ini,” pungkas Pertiwi. (LAM).

Comment