by

PGK Siap Kawal Pemerintah Putuskan Mata Rantai Covid-19

Ambon, BKA- Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK) siap mengawal pemerintah, lewat berbagai sumbangsih pikiran untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Hal itu disampaikan Ketua Umum (Ketum) PGK, Bursah Sarnubi, pada pengantarnya saat Webiner PGK dengan tema “pandemi Covid-19 di mata lintas generasi, Sudut pandang kini dan mendatang”, Selasa (16/6) malam.

Sarnubi menyampaikan, sebagai bagian dari bangsa Indonesia, aktivis merasa terpanggil untuk bergerak melakukan pembaharuan bagi kemajuan bangsa dan negara. Termasuk mengawal, agar Indonesia bisa cepat menyelesaikan masalah wabah Covid-19.

“Sebagai pergerakan aktivis, kita terus terpanggil dimana pun berada untuk melakukan pembaharuan agar tetap hidup bernegara. Apapun itu, kita harus punya tanggung jawab yang harus dikerjakan dengan ikhlas dan suci, karena itu tidak dimiliki semua orang,” ujar Sarnubi.

Pasalnya, akibat pendemi ini, kata Sarnubi, semua lini kehidupan dipengaruhi. Baik dari segi sosial maupun ekonomi. Termasuk memberikan dampak yang luar biasa bagi kurang lebih 200 negera di dunia yang terkena pandemi ini.

“Banyak yang hilang berbagai hal. Dimana-mana semua orang terdampak akibat wabah ini. Karena itu, perlu pengawalan dari aktivis. Sebab kita ingin pandemi ini bisa secepatnya selesai,” ungkapnya.

Untuk itu, dia mengajak semua aktivis. Baik lokal maupun nasional, untuk mengawal kerja pemerintah, dengan terus memberikan pikiran-pikiran yang dapat membantu memutus rantai penyakit mematikan ini, agar bangsa Indonesia tetap sehat.

“Karena itu, kita terpanggil untuk memberikan jalan keluar, bantu pemerintah selesaikan pandemi Covid-19 ini. Itu yang di harapkan dari diskusi saat ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, dalam sambutannya, berharap, Organisasi Masyarkat (Ormas) nasional itu dapat membantu pemerintah, dalam hal melakukan upaya-upaya pencegahan dan penanganan Covid-19. Termasuk mengawal anggaran, agar bisa terpakai dengan baik di lapangan.

“Peran para aktivis sangat diharapkan dalam membantu pemerintah. Dalam hal ini, diharapkan, bisa mengawal anggaran Rp 677 triliun bisa dipergunakan secara baik. Supaya jangan lagi ada cerita-cerita tidak baik, setelah selesai pandemi ini. Itu yang sangat diharapkan dari teman-teman aktivis, untuk tetap mengawal pemerintah,” tandas mantan Ketua DPR RI ini, pada Webiner PGK yang diikuti oleh kurang lebih 1000 peserta. (LAM)

Comment