by

PHK dan Bansos Jadi Keluhan Utama

Ambon, BKA- Beragam keluhan akibat Covid-19, terus dilaporkan masyarakat kepada Tim Pendamping Covid-19 Pemerintah Kota Ambon. Dari seluruh laporan yang diterima, sebagian besar merupakan persoalan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan bantuan sosial (Bansos).

Ketua Tim Pendamping Covid-19, Mien Tupamahu menyebutkan, banyak keluhan yang disampaikan masyakarat. Sebagian besar persoalan PHK akibat pandemi Covid-19 dan penerima bantuan sosial yang tidak terdata untuk mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kota Ambon.

Namun pihaknya mengaku, sudah menyelesaikan sejumlah keluhan tersebut. “Memang keluhannya rata-rata beragam namun sudah dapat diselesaikan,” ujarnya.

Menurut Tupamahu, untuk setiap keluhan yang disampaikan masyarakat akan diterima oleh pihaknya dan diteruskan ke dinas terkait.

“Keluhan-keluhan dari masyarakat akan diselesaikan masing-masing oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berkaitan langsung dengan keluhan-keluhan tersebut,” tuturnya.

Dengan begitu, setiap dinas yang ada di lingkup Pemerintah Kota Ambon selalu siap dalam menyelesaikan masalah yang dilaporkan oleh pihaknya.
“Misalnya untuk PHK kita kembalikan ke dinas terkait dalam hal ini Disnaker. Nanti dilihat dulu tingkat kasusnya seperti apa baru diselesaikan.

Jadi masing-masing OPD teknis yang menyelesaikan,” tambahnya.
Walaupun masalah yang dihadapi oleh masyarakat langsung diteruskan kepada dinas terkait, namun tetap saja ada masalah yang dihadapi.

Mengingat, saat ini banyak terjadi kesalahpahaman antara pelapor dengan beberapa dinas terkait.

“Memang ada miskomunikasi antara si pelapor dalam hal ini masyarakat dengan beberapa OPD. Tapi ada juga beberapa keluhan yang sudah direspon OPD, namun belum ditanggapi oleh si pelapor,” terangnya.

Tupamahu juga menghimbau, masyarakat maupun dinas terkait untuk dapat bekerjasama dalam menanggapi keluhan yang ada di saat pandemi Covid 19. “Jadi kita masih tunggu. Puas atau tidak kita masih tunggu,”tandasnya.

Dia menambahkan, sejak tim tersebut dibentuk sudah ada masyarakat yang melaporkan keluhannya ke tim sebanyak 19 orang. “Mereka menyampaikan keluhan mereka mulai dari Minggu malam,” tutupnya. (DHT)

Comment