by

Pilkada Aru Menuju Kotak Kosong

Petahana Dapat Rekomendasi Nasdem

Ambon, BKA- Perhelatan Pilkada Kabupaten Kepulauan Aru semakin menggerucut pada kotak kosong yang akan dilawan oleh bakal calon petahana, Johan Gonga-Muin Zogalrey, setelah keduanya berhasil mendapat rekoemendasi Partai Nasdem.

Dengan mengantongi rekomendasi Nasdem, maka pasangan Johan Gonga-Muin Sogalrey telah mengantongi enam rekomendasi partai, yakni, Nasdem (5 kursi), PKPI (2 kursi), Hanura (1 kursi), PPP (1 kursi), Gerindra (3 kursi) dan Perindo (1 kursi). Sehingga pasangan dengan akronim “JOIN” itu sudah melebihi persyaratan 20 persen kursi DPRD yang diisyaratkan KPU sebagai calon kepada daerah.

“Ya, yang sudah final ada enam partai pengusung yakni Nasdem, PKPI, Hanura, Gerindra, PPP dan Perindo. Sedangkan PDI-Perjuangan dan PKB pekan besok,” ungkap Ketua Relawan Johan Gonga (JAGO), Recky Bothmir, via telefon selulernya kepada BeritaKota Ambon, Kamis (6/8).

Walau telah mengantongi enam rekomendasi partai politik, namun pasangan petahana ini masih terus membangun komunikasi dengan partai lain, yakni, PKB yang memiliki empat kursi di DPRD Kabupaten Kepulauan Aru.

Isu yang berkembang, kemungkinan besar PKB akan memberikan rekoemendasinya, usai PDIP memberikan rekomendasi kepada pasangan bakal calon petahanan itu, yang diagendakan pekan depan.

Apabila PDIP dan PKB resmi menyatakan sikap lewat rekomendasinya untuk mengusung pasangan Johan Gonga-Muin Sogalrey, maka hampir bisa dipastikan mereka akan melawan kotak kosong pada perhelatan Pilkada nanti di Kabupaten Kepulauan Aru.

Sebab, tiga partai politik lain, yakni, Golkar, Berkarya dan PKS, yang telah memberikan rekoemendasi kepada pasangan bakal calon kepala daerah yang lain, jumlah kursi mereka di DPRD yang bila diakumulasi tidak cukup untuk mengusung calon kepala daerah, karena masing-msing hanya memiliki satu kursi.

Diketahui, Ketua Bapilu Partai Nasdem, Prananda Surya Paloh, resmi menyerahkan rekomendasi Partai Nasdem kepada bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Aru, Johan Gonga-Muin Sogalrey, di Sekretariat DPP Partai NasDem, Jakarta Pusat, Kamis (6/8).

Selain menyerahkan rekomendasi kepada Johan Gonga-Muin Sogalrey, rekomendasi Partai Nasdem juga diserahkan untuk pasangan petahana di Pilkada Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Benyemin Thomas Noach-Arie Kilikili.(WAL)

Comment