by

PJJ Akan Dipantau

Ambon, BKA- Pihak sekolah memastikan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) akan tetap dipantau, sehingga dapat berjalan sesuai harapan.

Kepala SD Negeri 2 Latihan SPG Ambon, Rosina Hattu, mengatakan, jika pada tahun ajaran baru nantin, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) masih dilakukan secara daring atau PJJ, maka ada beberapa alternatif yang sudah pihaknya buat.

Untuk mengoptimalkan pelaksanaan PJJ, katanya, selain melaksanakan pembelajaran secara daring, SD itu juga akan memaksimalkan KBM secara Luar Jaringan (Luring).

Karena itu, katanya, guru akan diminta untuk memantau proses PJJ yang dilaksanakan secara langsung, terutama bagi siswa yang tidak memiliki fasilitas untuk mengakses KBM secara daring.

“Itu sudah kita bicarkan dan sudah putuskan. Jadi, kalau Dinas Pendidikan Kota Ambon intruksikan untuk KBM dilakukan secara online. Maka pasti kita lakukan itu. Kita maksimalkan pantauan ini, lebih kepada siswa yang tidak ada fasilitas. Misalnya, tidak punya Hp android,” ujar Hattu, Jumat (19/6).

Semua konsep itu sudah disiapkan secara baik, mengingat kondisi penyebaran Covid-19 yang masih terus bertambah di Kota Ambon. Sehingga kemungkinan besar KBM pada tahun ajaran baru nanti, masih dilakukan secara daring.

Berbagai persiapan untuk melaksanakan PJJ yang lebih baik, katanya, dilakukan berdasarkan hasil evaluasi secara menyeluruh atas sistem proses pembelajaran daring yang sudah berlangsung selama tiga bulan lalu.

“Salah satunya adalah dengan pemantauan yang akan kita lakukan. Tidak mungkin kita bertahan dengan pola kita yang lama. Yang mana, kita tahu sendiri, kalau anak-anak merasa jenuh dengan PJJ yang kita lakukan kemarin. Itu yang membuat kita harus evaluasi dan cari jalan keluarnya, agar anak-anak bisa belajar maksimal,” pungkas Hattu. (LAM)

Comment