by

PJJ Belum Berjalan Maksimal

Ambon, BKA- Proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dilakukan untuk siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) selama tiga bulan lalu, dinilai oleh Kepala TK Negeri Ambon, Ona Mahulette, belum berjalan maksimal.

Alasannya, PJJ yang dilakukan selama masa pandemi Covid-19 tersebut berjalan tanpa persiapan yang matang, baik dari segi fasilitas maupun kompetensi guru.

“Memang proses belajar mengajar berjalan, tapi terkendala dengan kemampuan sebagian besar guru yang belum mahir TIK. Jadi, belum berjalan maksimal,” ungkap Mahulette, Senin (15/6).

Untuk itu, katanya, perlu ada perhatian dari pemerintah, dalam hal ini, melakukan pelatihan kepada para guru, agar pada tahun ajaran baru nanti, PJJ bisa berjalan maksimal. Jika memang Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) kembali berjalan dari rumah, akibat pandemi Covid-19 yang masih terus menyebar.

“Dengan penyebaran Covid-19 yang semakin meluas ini kan, kita tidak tauh kedepan seperti apa. Karena itu, kalau bisa ada perhatian kepada guru-guru ini. Supaya pada KBM di tahun ajaran baru nanti, kita bisa jalan maksimal. Sebab itu yang jadi kendala kita selama PJJ ini,” ujarnya.

Menurutnya, pelatihan penggunan TIK yang sangat dibutuhkan dalam rangka menyiapkan para guru TK, agar bisa melaksanakan tugasnya dengan baik. Dalam hal ini, bisa memanfaatkan media teknologi, lewat berbagai aplikasi pembelajaran yang ada

“Kalau bisa, ada sosialisasi atau pelatihan. Karena itu yang sangat penting. Karena itu dibutuhkan. Apalagi kalau di tahun ajaran baru, PJJ kembali dilakukan lagi,” pinta Mahulette. (LAM)

Comment