by

PJJ Luring Akan Dimaksimalkan

SD Negeri 2 Latihan SPG Ambon akan memaksimalkan metode pembelajaran Luar Jaringan (Luring), bila pola Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) kembali diterapkan pada tahun pelajaran 2019/2020 nanti.

Kepala SD Negeri 2 Latihan SPG Ambon, Rosina Hattu, mengatakan, pemaksimalan metode Luring itu dilakukan karena banyak siswa yang tidak memiliki fasilitas pembelajaran online.

“Sebab, anak-anak ini banyak yang tidak memiliki HP android. Karena itu, bukan saja PJJ online yang disiapkan, tapi secara Luring juga harus disiapkan dengan baik, supaya PJJ bisa berjalan maksimal,” ujar Hattu, Senin (6/7).

Memang , akuinya, proses belajar mengajar di masa pandemi Covid-19 tidak bisa dibiarkan berjalan begitu saja. Perlu pendampingan serta pengawasan yang maksimal dari para guru, khusus bagi siswa kelas I.

“Salah satunya dengan memaksimalkan pantauan dari guru. Dan itu sudah kita bicarkan dan sudah putuskan. Jadi kalau dinas intruksikan untuk KBM dilakukan secara online, maka pasti kita lakukan itu. Kita maksimalkan pantauan ini, lebih kepada siswa yang tidak ada fasilitas,” paparnya.

Upaya itu, katanya, sangat penting untuk dilakukan sebagai bentuk perbaikan pola pembelajaran. Karena berdasarkan evaluasi pelaksanaan PJJ sebelumnya, ada berbagai kekurangan yang mesti diperbaiki. Salah satunya adalah dengan memaksimal PJJ secara luring.

“Tidak mungkin kita bertahan dengan pola kita yang lama. Karena kita tahu sendiri, kalau anak-anak merasa jenuh dengan PJJ yang kita lakukan kemarin. Itu yang membuat kita harus evaluasi dan cari jalan keluarnya. Agar anak-anak bisa belajar maksimal,” pungkas Hattu.(LAM).

Comment