by

PKB Jadi Penentu KAKA Melaju Pilkada Aru

Ambon, BKA- Rekomendasi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) saat ini jadi rebutan dua pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati di Kabupaten Kepulauan Aru, yakni, pasangan Johan Gonga-Muin Sogalrey (JOIN) dan Timotius Kaidel-Lagani Karnaka (KAKA).

Perebutan rekomendasi partai tersebut diyakini akan berjalan alot. Sebab akan menjadi penentu pelaskanaan Pilkada Kepulauan Aru dilaksanakan dengan dua pasangan, atau hanya satu pasangan yang akan berhadapan dengan kotak kosong.

Kalau rekomendasi diberikan PKB kepada pasangan bakal calon petahana, Johan Gonga-Muin Sogalrey, maka dipastikan Pilkada Kabupaten Aru hanya dilaksanakan dengan pasangan calon tunggal, yang akan berhadapan dengan kotak kosong.

Bila rekomendasi diberikan kepada pasangan bakal calon Timotius Kaidel-Lagani Karnaka, maka pertarungan Pilkada Kabupaten Aru akan dipastikan diikuti dua psangan bakal calon.
Saat ini, pasangan Johan Gonga-Muin Sogalrey telah mengantongi rekoemendasi Partai Nasdem (5 kursi), PKPI (2 kursi), Hanura (1 kursi), PPP (1 kursi), Gerindra (3 kursi), Perindo (1 kursi), dan PDIP (3 kursi).

Sedangkan pasangan Timotius Kaidel-Lagani Karnaka sudah mengantongi tiga rekomendasi partai, yakni, Golkar, Berkarya dan PKS, yang masing-masing hanya memiliki satu kursi. Sehingga jumlah itu belum mencukupi syarat pencalonan yang ditentukan KPU. Sehingga rekomendasi PKB yang memiliki tiga kursi di parlemen Kabupaten Kepulauan Aru ini juga menjadi penentu, apakah pasangan ini akan melaju pada Pilkada atau tidak.

Walau rekomendasi belum diturunkan dari DPP, namun arah politik partai besutan Muin Iskandar itu sudah mulai terlihat jelas. Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Kabupaten Kepulauan Aru, Paulus Agudjir, bersama beberapa kader PKB terlihat berkunjung ke kediaman bakal calon bupati Timotius Kaidel, Kamis (27/8).

Bahkan pada kunjungan itu, Paulus Agudjir, menyempatkan diri untuk memberikan keterangan pers kepada sejumlah wartawan. Dia mengatakan, komunikasi intens internal PKB dari pusat, provinsi hingga daerah, selalu terbangun mengenai arah rekomendasi PKB di setiap daerah pelaksana Pilkada.

Bahkan dia mengakui, kalau arah rekomendasi PKB di Kabupaten Kepulauan Aru lebih mengarah pada pasangan bakal calon Timotius Kaidel-Lagani Karnaka (KAKA).

“Saya belum bisa memberikan keterangan lebih terkait arah rekomendasi kita (PKB). Karena masih dalam segel (rahasia, red-). Jadi kita menunggu saja ya,” ungkap Paulus Agudjir.
Selain itu, lanjut Paulus, rekomendasi PKB masih di DPW (Dewan Pimpinan Wilayah) Provinsi Maluku. Dengan demikian, pihaknya masih tetap menunggu kehadiran rekomendasi itu.
Rencananya, tambah dia, rekomendasi PKB akan tiba di Dobo pada hari Selasa atau Rabu, pekan depan. “Jadi rekomendasi masih di DPW Maluku, renacanya akan tiba pada Selasa atau Rabu. Kita masih menunggu juga apa isi dari rekomendasi itu. Karena masih segel. Olehnya itu, saya belum bisa berspekulasi. Karena politik tak menentu arah,” tandasnya.

Untuk diketahui, balon Bupati Aru Timotius Kaidel disambut ratusan massa pendukung, saat tiba di Bandara Rar Gwamar Dobo, Kamis (27/8), menggunakan penerbangan komersial Wings Air sekira, pukul.11.00 WIT.

Setibanya di ruang tunggu bandara, Kaidel pun diperiksa kesehatannya sesuaui Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19. Usai jalani Prokes, balon Bupati Aru itu diarak ratusan massa pendukung menuju kediaman pribadinya di kolometer 6 kota Dobo menggunakan kendaraan roda dua dan empat.
Setelah Rehat sejenak, Kaidel kembali menemui massa pendukung yang sudah memenuhi halaman rumah pribadinya itu, sambari memberikan penjelasan, bahwa atas doa dan dukungan dari semua komponen masyarakat Kepulaun Aru, pasangan balon Bupati (KAKA) sudah siap untuk maju dan bertarung dalam perebutan kursi nomor satu dan dua di daerah penghasil mutiara itu.

Untuk itu, dia meminta kepada pendukungnya agar tetap solid dan tidak terpengaruh dengan isu yang tidak bisa dibuktikan kebenaranya. “Patut kita panjatkan puji syukur ke hadirat Yang Maha Kuasa, karena atas ridho dan rahmat-Nya, sehingga pasangan KAKA bisa diberi kesempatan untuk ikut ambil bagian sebagai pasangan yang ikut dalam bursa Pilkada Aru,” pungkasnya. (WAL)

 

Comment