by

PKK SBT Cegah Stunting di Gorom

Ambon, BKA- Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Ny. Yulia Misa Keliobas, mengunjungi sejumlah Posyandu yang ada di Kecamatan Pulau Gorom dan Gorom Timur, Jumat (21/8) lalu.

Dalam kunjungan tersebut, Keliobas meyaksikan langsung kegiatan Posyandu yang ada di dua kecamatan tersebut, yang berlangsung selama tiga hari, pada 21 Agustus sampai dengan 23 Agustus 2020.

Salah satu upaya yang dilakukan pada kunjungan itu, yakni, untuk pencegahan stunting atau gangguan tumbuh kembang pada anak. Karena tujuan pelayanan Posyandu untuk memberi pelayanan kesehatan bagi ibu dan anak, termasuk menangani stunting,

“Salah satu tujuan Posyandu adalah mendukung pemerintah menangani stunting dan kematian ibu saat melahirkan,” terang Keliobas yang juga Nina Parenting (Ibu Parenting) Kabupaten SBT.

Untuk itu, dia berinisiat untuk mengembangkan Posyandu sebagai garda terdepan dalam mengantisipasi stunting sejak dini, khususnya pada 1000 hari kehidupan pertama.

Untuk itu, Keliobas mengingatkan agar anggota PKK berada pada garda terdepan dan memiliki peran penting dan kepekaan dalam melihat permasalahan di masyarakat tersebut.

“Salah satunya iyalah, masalah pada ibu dan anak yang rentan terhadap kematian dan kasus gizi,” jelasnya.

Dalam kunjungan tersebut, Misa Keliobas juga menyerahkan timbangan bayi digital kepada kader Posyandu dan baju kaos para kader. Timbangan bayi digital yang diserahkan itu juga dapat digunakan untuk mengukur panjang bayi.

“Saat ini, semua TP PKK tingkat desa di Kabupaten SBT akan mengupayakan mengganti dacin menjadi timbangan digital di Posyandu. Langkah itu dilakukan agar bayi atau balita yang ditimbang, bisa lebih tenang dan nyaman,” pungkasnya.(LAN)

 

Comment