by

PKS Dukung Noach Di MBD

Ambon, BKA- Memang Partai keadilan Sejahtera (PKS) tidak memiliki kursi di legislatif Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), namun secara politis, dukungan partai itu akan cukup berpengaruh diperhelatan Pilkada kabupaten itu.

Memang belum ada rekomendasi secara resmi. Namun sikap partai itu sudah jelas memihak bakal calon bupati petahana, Benyamin Thomas Noach.

Sikap berbeda ditunjukkan PKS untuk Pilkada Kabupaten Kepulauan Aru. Mereka menunjukkan sikap “menggantung”, belum ada kepastian.

Ketua DPW PKS Maluku, Asis Sangkala.

Ketua DPW PKS Maluku, Asis Sangkala, mengungkapkan, dari empat kabupaten yang akan menggelar Pilkada di Maluku, tersisa Kabupaten MBD dan Kepulauan Aru yang belum dikeluarkan rekomendasinya oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS. Sedangkan untuk Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) dan Buru Selatan (Bursel), rekomendasinya sudah ada.

“Karena pandemi Covid-19, rekomendasi kami belum ambil semua di DPP. Tapi rencana di bulan ini. Kan hanya tinggal (Kepulauan) Aru dan MBD,” ujarnya, Kamis (2/7).

Untuk Kabupaten MBD, PKS hanya sebagai pendukung. Karena tidak memiliki kursi di DPRD. Sedangkan untuk Kabupaten Kepulauan Aru, PKS sebagai pengusung, karena memiliki perwakilan di DPRD kabupaten itu.

“Kan kalau tidak ada kursi, sifatnya hanya mendukung. Kalau Aru kita sebagai pengusung,” terang Ketua DPW PKS Maluku itu.

Kalau di Kabupaten MBD, PKS sudah pasti memberikan dukungan buat calon petahana, Benyamin Thomas Noach. Tinggal penandatanganan rekomendasi saja.

Sedangkan di Kabupaten Kepulauan Aru, PKS belum tentu kembali memberikan dukungan kepada pasangan petahana, Johan Gonga-Muin Sogalrey.

Sikap itu diambil PKS, terang Sangkala, tidak terlepas dari sikap politik Muin Sogalrey yang sebelumnya merupakan kader PKS, berpindah ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

“Aru masih dalam proses. Dan kalau peluang ke calon petahana, saya rasa belum bisa dipastikan, karena kepindahan
Muin Sogalrey dari PKS ke partai lainnya itu juga yang akan menjadi pertimbangan. Yang sudah positif itu di MBD buat pak Noach,” pungkasnya.(RHM)

Comment