by

PLS Tingkat SD Sulit Dilakukan

Ambon, BKA- Kepala SD Negeri 85 Ambon, Jhon Talacua, mengatakan, Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) bagi siswa baru tingkat SD, sulit dilakukan di masa pandemi Covid-19.

Siswa baru tingkat SD berbeda dengan tingkatan SMP maupun SMA. Karena dari segi usia, mereka masih terlalu belia. Sehingga memerlukan bimbingan secara langsung oleh guru.

Hal itu sudah dikoordinasikan dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Ambon. “Terkait semua itu, dinas kembalikan kepada Satuan Pendidikan (SP), untuk mengatur mekanismenya sesuai kebutuhan. Sebab anak-anak ini masih kecil, sehingg perlu pertimbangan yang matang,” ungkap Talacua, Kamis (23/7)

Untuk itu, dia tengah berusaha untuk mencari strategi yang tepat untuk melakukan pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru di sekolah yang dipimpinnya, ditengah-tengah masa pendemi ini.

Karena itu, berbagai kebijakan telah diambilnya, untuk segera dilakukan dalam waktu dekat. “Jadi kita sudah punya sistem, yaitu, wali kelas nantinya bersama dengan Kepala Sekolah, membuat formulir untuk dibawa ke rumah siswa. Tapi sebelum itu, kita sudah pendataan dulu. Kalau misalnya mereka semua sudah siap untuk di daftar, maka tugas sekolah itu adalah siapkan mekanismenya. Dan itu akan di atur oleh wali kelas. Mungkin dalam sehari, kita akan libatkan 4 sampai 5 siswa untuk melakukan pengenalan sekolah. Paling tidak hanya memperkenalkan guru terlebih dahulu,” katanya.

Tidak ada cara lain yang bisa dilakukan, selain sekolah melakukanm pendekatan dengan orangtua secara langsung di rumah. Mengingat berbagai aktivitas tatap muka di sekolah, sampai dengan saat ini belum diperbolehkan.

“Karena intruksi dari dinas sudah seperti itu, bahwa tidak boleh ada tatap muka di sekolah. Mau dilakukan secara Daring, juga sulit. Sebab anak-anak ini baru. Sehingga kita atur, untuk tetap tatap muka, tapi dalam kelompok kecil. Sambil menunggu intruksi dari dinas. Mungkin PSBB transisi ini selesai baru ada informasi selanjutnya. Kita berdoa, semoga kondisi ini segera pulih, supaya kita bisa melakukan tugas dengan baik,” pungkas Talacua. (LAM)

Comment