by

PMC Unpatti Siap Dorong Publikasi Dosen

Ambon, BKA- Publication Management Centre (PMC) Unpatti Ambon akan selalu mendorong para dosen, untuk melakukan publikasi hasil penelitian mereka pada sejumlah jurnal nasional maupun internasional.

“Itu adalah tugas utama dibentuknya PMC Unpati, berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor 10/UN 13/SK/2020, bulan Februari lalu,” ungkap Ketua PMC Unpatti, Dr. Fransina. S. Latumahina,
Rabu (1/7).

Latumahina mengatakan, untuk menjadi dosen yang berkembang lewat hasil-hasil penelitian, perlu koordinasi dan dorongan, agar menghasilkan penelitian yang dapat dipublikasi pada jurnal-jurnal nasional maupun internasional.

Sehingga, lanjutnya, kehadiran PMC diharapkan dapat menjadi motor penggerak bagi para dosen, dalam berkarya dan mendesiminasi hasil-hasil penelitiannya dalam bentuk publikasi.

“Karena itu, PMC harus tetap siap untuk melakukan tugas utamanya. Yakni, mengkoordinir dan mendorong publikasi para dosen di lingkungan Unpatti Ambon. Sebab saat ini, Unpatti dihadapkan dengan tantangan untuk menaikkan grade universitas dalam bidang penelitian dan publikasi. Karena itu, sebagai dosen, kita harus siap untuk didorong,” ucapnya.

Dosen dengan kualifikasi ilmu dan prestasi publikasi jurnal yang baik, katanya, akan memberikan prestise tersendiri bagi lembaga. Karena dapat meningkatkan kualitas pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dia menyadari, salah satu kendala yang dihadapi oleh para dosen yang ingin melakukan publikasi, karena penulisan mereka belum mencirikan sebuah kebaruan dan belum sesuai dengan kaidah penulisan pada jurnal nasional maupun internasional bereputasi.

“Kita ingin menjawab semua pertanyaan dan kegalauan hati para dosen tentang bagaimana dapat menembus jurnal nasional dan Internasional bereputasi,” pungkas Latumahina.(LAM)

Comment