by

Pohon Puleh Wakili Maluku Dalam Lomba Kampung Iklim

Ambon, BKA- RW 04 Pohon Puleh, Kelurahan Ahusen, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, mewakili Provinsi Maluku dalam lomba kampung iklim yang diselenggarakan oleh balai lingkungan hidup. Setelah melewati tahap seleksi, daerah ini mendapat skor nilai 94 dengan kategori kampung proklim lestari. Sesuai dengan yang dijadwalkan maka pada jumat (28/8) tim penilaian lomba pun menyambangi tempat ini untuk menilai secara langsung. Dalam kegiatan penilaian ini juga turut hadir Wali Kota dan Wakil Walikota Ambon, Camat Sirimau, Lurah Ahusen, Kadis Lingkungan Hidup dan beberapa staf lainnya.

Novly Laisini selaku perwakilan tim penilaian menyampaikan, RW 04 Pohon Puleh ini telah lolos seleksi tingkat provinsi untuk kampung iklim adaptasi dan mitigasi kerentanan bencana alam yang mungkin terjadi. Ia juga mengakui bahwa tempat ini masuk dalam semua kategori penilaian lomba kampung iklim. Di bidang lingkungan tempat ini berhasil memadukan beberapa aspek kehidupan yang diperlukan. Misalnya bagaimana warga bisa memanfaatkan sampah dengan membentuk bank sampah. Selain itu warga juga pandai dalam mengolah pangan dengan pemanfaatan tanaman hidroponik.

“Jadi disini lolos seleksi kampung iklim adaptasi dan mitigasi kerentanan bencana alam. Kalau dilihat daerah ini merupakan daerah rawan banjir namun, warga bisa meminimalisir banjir dengan membentuk Komunitas Peduli Sungai ( KPS). Warga juga pandai mengolah sampah melalui bank sampah yang ada. Untuk ketahanan pangan warga memanfaatkan tanaman hidroponik. Kesehatan warga juga diperhatikan dengan adanya penanganan jentik nyamuk, ” ungkap Novly Laisina salah satu staff Balai Lingkungan Hidup.

Laisina berharap agar kedepannya lingkungan ini bisa menjadi sarana edukasi dan pariwisata bagi khalayak umum.

“Saya berharap agar kedepannya warga bisa terbuka untuk khalayak umum agar bisa datang untuk belajar cara menata lingkungan dengan baik. Daerah ini juga bisa menjadi tempat pariwisata. Kiranya perangkat RT bisa mengajak dinas pariwisata untuk bekerja sama,” tambahnya.

Dalam sambutannya Lurah Ahusen menyampaikan terima kasih kepada warga atas segala partisipasi yang telah diberikan.

“Saya hanya ingin mengucapkan terima kasih kepada warga atas segala dedikasi dan partisipasi dalam membangun daerah ini. Saya berharap agar kekompakan ini bisa terus terjaga kedepannya. Apapun yang kita lakukan ini bisa diwariskan kelestariannya kepada anak cucu kita, ” tutur Deki Sopamena Plt Lurah Ahusen. (MG-1)

Comment