by

Poka Terima Penghargaan Kelola Dana Desa Terbaik

Ambon, BKA- Desa Poka, Kecamatan Teluk Ambon, menggunakan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) untuk menunjang pengembangan desa. Dalam wawancara dengan pejabat desa Poka disampaikan bahwa dalam membangun desa yang baik, diperlukan orang yang bermisi membangun desa. Dengan adanya penggunaan anggaran dana desa yang bijak, membuat pemerintah desa mendapat penilaian dari pemerintah Kota mengenai penggunaan anggaran desa terbaik. Semua peningkatan ini diakui tidak terlepas dari semua kerja keras yang dimulai dari warga, RT sampai semua aparatur pemerintah yang ada.

“Jadi memang desa harus memiliki sumber daya yang potensial dan produktif yang bisa dikembangkan dalam upaya peningkatan sumber daya desa. Dan ini sangat memerlukan orang yang kompeten dan bertujuan untuk memajukan desa, dalam hal ini pemerintah desa. Saya bersyukur atas semua kinerja pemerintah desa terkait terutama RT sebagai ujung tombak. Dan kami bersyukur tahun 2020 Poka dinilai baik dalam menggunakan anggaran dana desa bagi kepentingan bersama. Itu menjadi bukti bahwa Poka mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya,” Pungkas Erik Van Room pejabat Desa Poka.

Selain itu Poka juga menerima penghargaan dalam predikat desa yang baik dalam menggunakan anggaran desa untuk penanganan pandemi Covid-19. Adanya penilaian ini karena anggaran yang digunakan tepat sasaran baik dalam bansos maupun tindakan pencegahan penyebaran. Van Room mengakui pembangunan desa akan terkendala apabila ada warga yang sakit. Untuk itu berbagai hal dilakukan guna untuk menekan penyebaran covid-19. Untuk bansos covid-19, 1030 warga desa Poka menjadi penerima manfaat. Bansos dirasa penting karena ekonomi warga sangat menurun akibat adanya pandemi ini.

“Kami juga menerima penilaian terbaik desa yang pemanfaatan dana desa untuk penanganan covid. Kami merasa penanganan pandemi ini termasuk dalam salah satu dinamika yang penting, pembangunan akan terkendala jika ada warga yang sakit. Untuk itu kami sangat fokus dalam menekan angka penyebaran covid. Kami juga menyadari bahwa ekonomi warga berdampak akibat pandemi, untuk itu kami melakukan interfensi terutama terhadap bansos bagi warga. Sebanyak 1.030 warga kami menjadi penerima manfaat bansos, baik berupa uang tunai maupun paket sembako,” tambahnya.

Van Room mengakui sangat bersyukur atas semua pencapaian dan penghargaan yang telah desa Poka terima. ” Kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh pemerintah Kota Ambon kepada kami. Baik sebagai desa dengan pengelolaan ADD dan DD yang baik, maupun desa yang berhasil memanfaatkan anggaran yang ada khusus untuk penanganan covid-19. Kami pemerintah Desa juga berterima kasih atas semua dukungan yang diberikan masyarakat. Semoga kedepannya desa kami bisa menjadi desa yang lebih maju lagi,” tutupnya. (MG-1)

Comment