by

Polnam Siapkan Dua Program Penerimaan Maba

Ambon, BKA- Jelang penerimaan Mahasiswa Baru (Maba) tahun akademik 2021/2022, Politeknik Negeri Ambon (Polnam) kembali mempersiapkan penerimaan mahasiswa untuk dua kategori pogram pendidikan. Yakni untuk kategori Program Sarjana Terapan untuk Diploma 4 (D4) dan D3.

Wakil Direktur (Wadir) 1 Bidang Akademik Polnam, Lenora Leuhery, penerimaan Maba untuk kedua kategori program pendidikan tersebut akan dilakukan lewat tiga jalur seleksi, yaitu, SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri.

“Masing-masing kategori ada 3 jalur penerimaan Maba. Tinggal calon Maba pilih sesuai minat,” ucap Leuhery, Selasa (12/1).

Berdasarkan keputusan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), proses seleksi tahun 2021 sedikit berbeda dengan proses seleksi pada tahun-tahun sebelumnya. Misalnya, terkait kuota masing-masing sekolah sesuai akreditas.

Sehingga dia meminta calon Maba, untuk mengikuti dan menyesuaikan dengan semua prosedur yang ditentukan, agar tidak memperhambat proses pendaftaran hingga seleksi di waktu mendatang.

“Kalau merujuk pada ketentuan LTMPT itu, terdapat perbedaan atau kebijakan baru pada seleksi tahun 2021. Salah satunya, SNMPTN. Yakni, salah satu calon mahasiswa bisa mendaftar di Politeknik maupun Perguruan Tinggi Islam Negeri di Indonesia pada seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) 2021. Jadi tidak hanya SNMPTN, tapi juga SBMPTN. Calon maba bisa memilih program S1 di PTN dan juga D4 pada Politeknik. Ada juga perbedaan di kuota, yakni, tidak bebas mendaftar seperti dulu lagi. Sekarang sesuai akreditas sekolah. Yang akreditasi A, kuotanya 40 persen. Akreditas B, 25 persen. Dan C itu 5 persen. Itu artinya, sekolah pada saat menginput data sesuai presentase kuota. Tidak bisa menginput semua lulusan. Nah, saya kira soal perbedaan itu, ada menguntungkan, tapi ada juga merugikan. Apalagi sekolah yang akreditasinya C. Ini demi peningatkan kualitas. Dengan demikian, kita juga harus mendukung keputusan-keputusan yang ada. Tinggal bagaimana, calon Maba menyesuaikan dengan aturan tersebut, supaya tidak menghambat proses,” terang Leuhery.

Untuk diketahui, pelaksanaan SNMPTN 2021 diawali dengan registrasi akun LTMPT melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id pada 4 Januari sampai 1 Februari 2021. Penetapan siswa yang eligible oleh sekolah pada 4 Januari 2021 sampai 8 Februari 2021. Pengisian PDSS 11 Januari sampai 8 Februari 2021. Pendaftaran SNMPTN 15 sampai 24 Februari 2021. Pengumuman hasil SNMPTN dijadwalkan pada 22 Maret 2021 dan pendaftaran ulang peserta yang lulus SNMPTN nantinya dilihat pada laman PTN penerima.

Untuk SBMPTN, diawali dengan registrasi akun LTMPT untuk UTBK dan SBMPTN pada 7 Februari 2021 sampai 12 Maret 2021. Pendaftaran UTBK dan SBMPTN pada 15 Maret sampai 1 April 2021. Pelaksanaan UTBK dilakukan dalam dua gelombang, gelombang pertama pada 12 sampai 18 April 2021, dan gelombang kedua pada 26 April sampai 2 Mei 2021. Pengumuman Hasil Seleksi Jalur SBMPTN dijadwalkan pada 14 Juni 2021. Sementara untuk seleksi Mandiri, nantinya akan diselenggarakan di masing-masing PTN.(LAM)

Comment