by

Polri Harus Netral

Ambon, BKA- Wakapolri, Komjen Pol. Gatot Edy Pramono, menegaskan, kepada seluru Anggota Polri yang akan ditugaskan untuk mengawasi pelaksanaan Pilkada di Maluku, harus netral.

Hal itu disampaikan Gatot saat mendamngi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, yang melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Maluku.

“Dalam Pilkada, Anggota Polri harus netral” katanya, di Loby Kantor Gubernur Maluku, Kamis (23/7).

Netaralitas Anggota Polri pada pelaksanaan pesta demokrasi tersebut, katanya, sudah diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia. Itu tidak dilanggar.

“Harus netral. Karena ini sudah diatur dalam Pasal 28, Ayat 1, Undang-Undang RI tahun 2002,” jelasnya.

Bahkan, katanya, seluruh Kapolda di Indonesia sudah diingatkan agar menyampaikan kejajarannya, untuk tidak berpihak dalam pelaksanaan Pilkda tahun ini.

“Kegiatan-kegiatan baik itu melalui Vicon yang kita laksanakan dengan para Kapolda, agar seluruh jajaran Kapolda memerintahkan seluruh jajarannya kebawah, agar tidak ada anggota kita berpihak kesiapapun,” ingatnya.

Jika ada Anggota Polri yang melanggar, maka bisa dilaporkan sesuai prosedur. “Silahkan, tentunya dilaporkan secara berjenjang,.ke Kapolres-Kapolres, baru ke Kapolda,” pungkasnya.(BKA-1)

Comment