by

Polsek Nusaniwe Minta Warga Siapkan Tanaman Lokal

Ambon, BKA- Mengantisipasi merebaknya virus Corona yang berkepanjangan di tengah masyarakat, Kapolisian Sektor (Polsek) Nusaniwe,Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease, meminta kepada masyarakat di wilayah hukumnya agar dapat memanfaatkan tanaman lokal untuk bisa dikonsumsi ditengah Covid-19.

Maka dari itulah, sebagai masyarakat yang berada di Desa atau Negeri, mulai saat ini harus mampu bercocok tanam, dengan menanam tanaman-tanaman lokal seperti singkong, cabai, jagung dan tanaman lain yang bisa dikonsumsi sehingga tidak perlu mengharapkan bantuan sembako dari pemerintah.

Kapolsek Nusaniwe, Iptu Pieter F. Matahelumual SH.MH, dalam rilis yang diterima Berita Kota Ambon mengungkapkan, untuk meningkatkan wujud nyata kepedulian Polri terhadap masyarakat yakni dengan konsep Desa Tangguh Pangan dalam mempersiapkan ketahanan pangan lokal di masyarakat, Polsek Nusaniwe telah mengunjungi lahan pertanian milik Simon Solissa (54), warga Dusun Airlow Alor Merah, RT 001/RW03. Negeri Nusaniwe, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Jumat (5/6).

“Di lokasi lahan, saya menghimbau kepada warga agar manfaatkan tanaman lokal, seperti tanam singkong, jagung dan lain-lain, sehingga tidak bergantung dengan bantuan Sembako dari Pemerintah.

Kemudian, saya juga memberikan suport kepada warga yang termotivasi dalam membuat lahan yang menghasilkan Pangan Lokal. Karena hal tersebut dengan sendirinya sudah menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat di tengah pendemi ini,” jelas Kapolsek didampingi Bhabinkamtibmas Negeri Nusaniwe, Bripka Michael Pattilemonia.

Matahelumual mengaku, jika masyarakat berhasil mengelola lahan kosong mereka dan menanam tanaman-tanaman lokal, berarti akan berdampak positif untuk keberlangsungan hidup ke depan.

“Bahkan kalau hasil lokal mereka banyak, bisa saja dijual untuk mendapat kebutuhan lain,” jelasnya.

Ditempat berbeda,tambah dia, dirinya sempat berbincang-bincang bersama Dokky Watilete (53), salah satu pemilik lahan.

Watilete bersedia menyiapkan Lahan untuk dijadikan Lahan Ketahanan Pangan. Dan lahan tersebut akan dijadikan lahan tanaman umur pendek seperti Bayam, Kangkung, Sawi, Cabai dan Jagung
“Dengan demikian, Polsek Nusaniwe akan mendukung semua aktifitas warga, dan kita juga akan bantu memberikan bibit-bibit tanaman serta kebutuhan sarana tanam lain.

Hal tersebut dilakukan untuk membuat masyarakat hidup mandiri ditengah wabah pandemi Covid-19 ini,” terangnya. (SAD)

Comment