by

PPDB Perketat Usia Calon Siswa

Ambon, BKA- Pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini, SD Yakobus memperketat aturan usia calon siswa baru yang datang mendaftar.

Kepala SD Yakobus, Paternus Refwalu, mengatakan, hal itu dilakukan karena sebab sudah ditentukan dalam peraturan pemerintah, kalau usia calon siswa yang akan mendaftar masuk pendidikan tingkat SD, minimal berusia diatas 6 tahun.

“Kita terapkan sesuai peraturan yang ada. Jadi, selain pertimbangan sistem zonasi, kita juga sangat pentingkan soal usia, saat calon siswa itu mendaftar. Minimal pada saat daftar sudah berusia 6 tahun 8 bulan. Kalau dibawah itu, kita tidak terima,” tegas Refwalu, Selasa (23/6).

Menurutnya, hal tersebut dilakukan demi masa depan anak-anak. “Usia juga sangat mempengaruhi. Jangan sampai kita sudah memaksakan anak untuk belajar diusianya yang belum cukup. Maka itu, kami sangat memperhatikan soal usia. Sehingga minimal 6 tahun lebih atau maksimal 7 tahu lebih, baru bisa kita terima,” ujarnya.

Terkait kententuan usia calon siswa baru tahun ini, jelasnya, bukan saja diatur oleh pemerintah, tapi juga diatur oleh pihak yayasan yang mengelola sekolah tersebut. “Sehingga, PPDB tidak bisa melenceng dari aturan yang telah ada,” pungkasnya.(LAM)

Comment