by

Pra Seleksi TNI/Polri Diusulkan Pakai APBD

Ambon, BKA- DPRD Provinsi Maluku akan mengusulkan, anggaran pelaksanaan pra seleksi calon anggota TNI/Polri akan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Maluku.

Pra seleksi itu penting dilakukan, ungkap Ketua DPDR Provinsi Maluku, Lucky Wattimury, sebagai upaya untuk membekali putra-putri Maluku yang berniat mengikuti seleksi calon anggota TNI/Polri, dengan sejumlah wawasan.

Langkah rencana pengusulan pelaksanaan pra seleksi itu diambil, kata Lucky, setelah pimpinan DPRD Maluku bersama ketua-ketua fraksi dan Komisi I, melakukan pertemuan dengan Pandam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Marga Taufiq, beberapa waktu lalu.

Pada pertemuan itu, dibahas tentang bagaimana proses penerimaan Calon Anggota TNI dengan baik, agar putra-putri Maluku bisa diterima.

Dalam pertemuan, Pangdam menjelaskan, salah satu solusi agar bagaimana investasi anak Maluku di TNI bisa perhatikan, yakni, sebelum mengikuti seleksi, terlebih dahulu mereka dipersiapkan dengan baik. Caranya, dengan menggelar pra seleksi.

Tujuan pra seleksi itu dilakukan, lanjut Wattimury, agar putra-putri Maluku ketika mengikuti seleksi, sudah betul-betul siap dalam mengikuti setiap pentahapannya.

“Beberapa hari lalu, kami para pimpinan dewan dan ketua-ketua fraksi dan Komisi I, bertemu dengan Pangdam XVI Pattimura. Kami mencoba membahas, bagaimana kedepannya, penerimaan Tentara dilakukan dengan baik, agar anak-anak Maluku bisa diterima,” ujarnya, kemarin.

Kalau hal itu tidak dilakukan, terangnya, maka banyak anak Maluku yang tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal. Padahal, sesuai penjelasan Pangdam XVI/Pattimura, bahwa Panglima TNI selalu memberikan perhatian kepada daerah.

Untuk itu, dia berharap, agar rencana pelaksanaan pra seleksi ini juga mendapat dukungan dari pemerintah kabupaten dan kota yang ada di Maluku, sehingga dapat diakomodir pada APBD masing-masing daerah.

“Jadi, kalau anak-anak kita tidak manfaatkan peluang ini, maka kita bisa rugi,” pungkasnya.(RHM)

Comment