by

Prodi Teknik Sipil UKIM Raih Akreditasi B

Ambon, BKA- Program Studi (Prodi) Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) berhasil menaikan akreditasinya, dari C pada 2015 lalu menjadi B.

Pengumuman ini dirilis berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Nomor 4158/SK/BAN-PT/Akred/5/VII/2020, tertanggal 21 Juli 2020.

Setidaknya terdapat tujuh standar aspek penilaian dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), yakni, terkait visi misi, tata kelola, kemahasiswaan, sumberdaya manusia (SDM) karyawan, dosen maupun mahasiswa, kurikulum dan sarana prasarana.

Dekan Fakultas Teknik UKIM, J. Amahoru, sangat bersyukur. Karena harapan untuk memperbaiki nilai akreditasi prodi tersebut sudah diinginkan sejak lama. Namun baru bisa terwujud saat ini.

Menurutnya, itu semua dapat terjadi, karena penyertaan Tuhan, serta kerja sama dan dukungan semua elemen kampus.

Dia mengaku, dalam upaya reakreditasi prodi tersebut, pihaknya mendapat banyak kendala. Baik secara institusi maupun bagi para alumni dalam mencari lapangan pekerjaan.

Ia mengungkapkan, dengan akreditasi C yang dimiliki prodi itu sebelumnya, memang sangat berpengaruh. Karena rata-rata dunia kerja saat ini sudah membutuhkan lulusan dari kampus yang terakreditasi minimal B.

Untuk itu, dia sangat bersyukur. Karena atas kerja keras untuk menyelesaikan berbagai kendala itu, diganjar dengan hasil yang memuaskan, dengan perolehan akreditasi B.

Dengan hasil tersebut, dia berharap, dapat memberikan dampak besar bagi upaya pengembangan prodi itu kedepan. Terutama bagi para lulusan mendatang.

“Karena dengan akreditasi C itu, kita terbatas dalam banyak hal. Diantaranya, Penerimaan Mahasiswa Baru (Maru) minim, rata-rata alumni hanya kerja sebagai konsultan, kontraktor, dan juga dipemerintahan sebagai ASN. Itu juga mereka tertolong dengan akreditasi institusi atau universitas. Jadi memang ini pergumulan kita selama berpuluh-puluh tahun. Sehingga dengan akreditasi C ini, akan memungkinkan kita punya lulusan sebentar bisa berpartisipasi, khususnya untuk ASN. Baik tingkat departemen vertikal maupun yang ada di daerah-daerah ini. Misalnya kita juga bisa ikut di pertamina dan lain-lainnya, karena mereka juga minta itu,” ucapnya.

Tidak hanya itu, perolehan nilai akreditasi B itu juga memberikan ruang bagi Fakultas Teknik UKIM untuk membuka prodi baru. Sebab selama prodi sebelumnya masih terakreditasi C, maka tidak bisa membuka prodi baru.

“Dengan kita punya akreditasi B ini, akan berikan peluang untuk kita bisa buka prodi baru. Karena saat ini, Fakultas Teknik hanya satu prodi, yakni, Teknik Sipil. Kita juga akan berupaya, agar bisa mendatangkan banyak mahasiswa baru. Baik regular maupun yang sudah bekerja, untuk kuliah di sini. Semua ini butuh kerja keras, juga dukungan semua pihak. Perolehan nilai B ini juga tidak terlepas dari perhatian maksimal dari pihak universitas, khususnya Rektor Jafet Damamain kepada kita. Semoga kita terus membangun kerja sama untuk mencapai harapan selanjutnya,” tandasnya. (LAM)

Comment