by

Program Desa Poka Tertunda Akibat Covid-19

Ambon, BKA-Pandemi Covid-19 kian berdampak pada berbagai sektor. Tanpa terkecuali program-program pemerintah baik dari tingkat pusat hingga ke desa-desa.

Sekretaris Desa Poka, Kecamatan Teluk Ambon, Shinta Saleh mengatakan, berbagai kegiatan yang sudah di rencanakan oleh pemerintah terhambat akibat adanya pandemi covid-19. Sebagian besar rencana program tertunda dikarenakan anggaran di subtitusikan untuk penanganan covid-19.

“Kebanyakan anggaran untuk kegiatan tahun ini di subtitusikan untuk penanganan covid. Jadi, kita akan menampilkan pemberitahuan agar masyarakat bisa tahu alasan ditundanya kegiatan. Anggarannya, dialokasikan untuk BLT ( Bantuan Langsung Tunai), pengadaan masker dan tempat cuci tangan,” tuturnya saat di wawancara di kantornya.

Shinta mengakui, sebelumnya sudah banyak kegiatan yang di lakukan pemerintah Desa Poka. Hanya saja untuk tahun ini masih tertunda program tahunannya.

“Kegiatan yang sudah dilaksanakan sendiri, yaitu padat karya tunai, ada juga pembangunan tugu harmonis, pembangunan jalan setapak dan masih banyak lagi. Tahun kemarin juga kami bekerja sama dengan Sagu Salempeng untuk memberdayakn ibu-ibu untuk bisa mengahasilkan sesuatu yang bernilai jual. Misalnya sampah yang di daur ulang dan pusat pembuatan itu di Batu Koneng,” lanjutnya.

Pemerintah Desa berharap ke depannya, warga harus lebih cerdas dalam menanggapi penggunaan dana desa, agar tidak ada pemikiran bahwa terjadi penyimpangan dana oleh staf pemerintahan Desa Poka.

“Warga diharapkan, semakin maju dan cerdas terutama dalam menyikapi penggunaan dana desa. Untuk dana desa sendiri sudah ada pembagiannya masing-masing, tidak semua dana dari pusat untuk warga saja, melainkan masih ada juga untuk pembagian gaji karyawan kantor desa. Kedepannya juga warga harus bersikap positif dalam berpikir tentang dana desa, jika ada keluhan seharusnya datang ke kantor dan menyelesaikan secara baik bukan langsung melapor tanpa pemberitahuan ke kantor Desa,” harapnya. (MG-1)

Comment