by

Program Guru Penggerak Sudah Diterapkan

Ambon, BKA- Kepala SD Negeri Negeri Lama, S. Wacanno mengatakan, kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim, terkait Merdeka Belajar episode V, yakni, Guru Penggerak secara daring, sudah diterapkan di sekolah sejak Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada tiga bulan lalu.
“Di SD Negeri Negeri Lama, kita sudah lakukan program Guru Penggerak sejak pandemi corona bulan Maret lalu. Jadi sebelum himbauan Mentri untuk melakukannya, kita sudah lakukan lebih dulu,” ujar Wacanno, Selasa (7/7).
Kebijakan Mendikbud yang baru diluncurkan pada 3 Juli lalu, tidak berbeda jauh dengan yang suda dilakukan SD Negeri Negeri Lama. Yakni, Guru Penggerak di sekolah berfungsi untuk memberikan motivasi, serta semangat, lewat pembelajaran yang bermakna kepada anak-anak didik
“Dengan Guru Penggerak itu, diharapkan dapat memberikan motifasi lewat materi-materi pelajaran yang bermakna. Jadi, maksudnya sama seperti yang sudah diluncurkan pak Menteri. Dan memang ini sebagai strategi, supaya anak-anak tidak jenuh dalam belajar,” ulasnya.
Dari segi kesiapan, katanya, memang Guru Penggerak yang disiapkan oleh Kemendikbud lebih siap. Karena memiliki kualitas yang tidak diragukan lagi, sebab sudah melewati proses seleksi. Sehingga benar-benar sudah teruji, jika turun ke sekolah.
“Itu kan hanya strategi. Jadi mungkin nanti ada Guru Penggerak dari Kemendikbud di masing-masing sekolah. Paling tidak, kita sudah bisa lakukan sendiri. Walaupun dipercayakan kepada masing-masing wali kelas sebagai Guru Penggerak, tapi itu berjalan baik. Karena orangtua juga sangat meresponinya. Jadi setiap hari, selain memberikan materi pelajaran, Guru Penggerak harus memberikan materi pelajaran yang bermakna serta semangat. Supaya mereka lebih giat untuk belajar,” papar Wacanno.
Kebijakan tersebut, menurutnya, akan tetap dilakukan karena dinilai baik. Sehingga saat ini, pihaknya tengah menyiapkan strategi baru. Agar di tahun ajaran 2020/2021 ini, program yang kini sudah diluncurkan oleh Mendikbud itu dapat berjalan lebih maksimal lagi.
“Sekarang ini kan, lagi libur. Tahun ajaran baru ini, kita siapkan strategi baru yang sementara ini disusun. Yang pada umumnya, lebih kepada pola pembelajaran yang bermakna. Disamping kita menyiapkan video pembelajaran Daring untuk belajar jarak jauh atau online nanti. Termasuk yang offline juga kita siapkan,” pungkas Wacanno. (LAM)

Comment