by

Proposal Usulan PSBB Rampung Pekan ini

Ambon, BKA- Proposal usulan untuk penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Ambon akan rampung dalam pekan ini. Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kota Ambon, Joy Adriaansz di Ambon, Kamis (7/5).

Menurutnya, untuk proposal usulan PSBB harus diselesaikan dalam pekan ini karena harus diserahkan ke Pemerintah Provinsi Maluku untuk diteruskan ke Kementerian Kesehatan.

“Dalam minggu ini sudah harus tuntas dan di sampaikan ke provinsi untuk nantinya di teruskan ke kementerian,” terang Joy.

Proposal PSBB ini, disusun oleh instansi terkait yang tergabung dalam Gugus Tugas Covid 19 Kota Ambon. Proposal dibuat untuk melengkapi syarat yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan, terkait usulan PSBB pada suatu daerah di Indonesia.

“Sampai dengan tadi malam itu, kita sementara secara internal kesiapan Pemerintah Kota Ambon. Karena salah satu persyaratan selain kita menyampaikan surat secara resmi, kita harus menyiapkan proposal pengusulan,” tuturnya.

Untuk proposal, lanjutnya, harus dikaji dengan baik mengingat banyak hal yang harus disampaikan kepada Kementerian terkait dengan kesiapan Kota Ambon dalam penerapan PSBB, pasca adanya pandemi covid 19.

“Nah proposal itu yang sementara kita kaji kesiapan Pemerintah Kota Ambon dan instansi terkait dalam rangka menghadapi PSBB. Proposal sementara disusun oleh gugus tugas dalam hal ini oleh sekertariat yang ada di BPBD,” tambahnya.

Tak hanya itu, untuk melengkapi proposal usulan yang dibuat, Gugus Tugas juga terus berkonsultasi dengan Kementerian Kesehatan terkait apa saja yang masih menjadi kekurangan Pemerintah Kota Ambon.

“Kita juga sedang berkonsultasi dengan Kementerian Kesehatan untuk hal-hal apa saja yang harus dipenuhi dan disiapkan oleh Pemerintah Kota Ambon. Untuk dapat disetujui dalam pemberlakuan PSBB,” imbuh dia.
Dituturkan, dalam waktu dekat, Gugus Tugas Covid 19 Kota Ambon akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk penerapan PSBB di Ambon.

“Untuk sosialisasi ke masyarakat juga dalam waktu dekat kita akan laksanakan, karena itu kita sudah bicarakan,” tutup dia. (DHT)

Comment