by

PSBB Jilid IV, DPRD Ingin Ada Langkah Tegas

Ambon, BKA- Langkah Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon untuk memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi jilid IV, harus diikuti dengan langkah tegas.

Ketua DPRD Maluku, Lucky Wattimury, mengatakan, langkah tegas ini penting dilakukan oleh pemerintah, mengingat perkembangan data terkonfirmasi Covid-19 di Kota Ambon menunjukkan trend naik yang cukup tinggi dan merisaukan.

“Setelah melihat perkembangan data yang terkonfirmasi, membuat kita menjadi risau. Karena tiap hari, orang masuk semakin banyak. Oleh karena itu, kebijakan memperpanjang masa transisi itu sangat tepat. Bagi saya, bukan soal memperpanjang saja, tetapi yang terpenting ketika memperpanjang itu langkah-langkah tegas apa yang mesti diambil. Dengan demikian, penyebaran Covid-19 ini tidak terjadi seperti sekarang,” kata Wattimury, kepada wartawan di Gedung DPRD Maluku, Karang Panjang Ambon, Senin (31/8).

Sebagai Anggota DPRD Maluku Dapil Kota Ambon, Wattimury menyatakan dukungan atas kebijakan Pemkot Ambon untuk memperpanjang masa PSBB transisi. Hanya saja, itu harus dibarengi dengan tindakan tegas.

“Saya kira ini yang mencemaskan kita. Oleh karena itu, saya mendukung langkah pemerintah kota untuk memperpanjang masa transisi. Namun pada masa transisi ini harus dibarengi dengan tindakan tegas,” ujar Wattimury.

Dikatakan, pemerintah tidak bisa lagi memberikan ruang seperti sekarang ini, yakni, orang dengan semaunya memakai masker atau tidak.

Dirinya juga mengingatkan, agar lokasi perkantoran diperketat. Karena klaster baru yang berkembang sekarang ini adalah perkantoran. “Kantor-kantor sudah harus lebih diperketat. Karena klaster baru yang berkembang sekarang ini dari kantor-kantor. Oleh karena itu membutuhkan perhatian kita bersama,” tandas dia.

Terkait dengan klaster perkantoran ini, Wattimury mengatakan, DPRD Provinsi Maluku akan melakukan rapat untuk mengatur bagaimana menjalankan kegiatan-kegiatan di DPRD Maluku.

“Kita bersyukur, setelah satu anggota DPRD dan empat orang pegawai, sampai sekarang ini tidak ada lagi yang terkonfirmasi, baik melalui rapid test maupun melalui swab,” ujar dia.

Untuk itu, Wattimury juga meminta Pemkot Ambon agar dalam perpanjangan masa transisi dapat melibatkan TNI-Polri untuk langkah-langkah penertiban di masyarakat, sehingga bisa mengatasi penyebaran Covid-19 ini secara bersama. (RHM)

 

Comment