by

PSBB Transisi Berlanjut ke Jilid V

Ambon, BKA- Kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di kota Ambon, saat ini masih bergerak naik. Untuk menekan tingkat penyebaran tersebut, Pemerintah Kota Ambon kembali melanjutkan PSBB Transisi ke jilid V yang diakui berdasarkan hasil evaluasi.

“Terkait hasil evaluasi Gugus Tugas Kota Ambon, hari Jumat dan Sabtu kemarin, maka diputuskan oleh walikota Ambon selaku ketua umum. Bahwa PSBB Transisi di Ambon yang tahap empat berakhir kemarin, kita perpanjang ke PSBB transisi tahap lima,” tandas Jubir Gugus Tugas Penangan dan Pencegahan Covid-19 Ambon, Joy Adriansz, kepada wartawan di Balai Kota, Senin (14/9).

Seperti biasa, tutur Joy, untuk masa berlaku peraturan PSBB akan berjalan selama dua minggu kedepan. Dan telah diterapkan sejak Senin (14/9) kemarin. Menurutnya, peningkatan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Ambon, diketahui melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon yang melakukan tracking terhadap pasien Covid-19 secara detail.

“Dengan begitu, kita bisa menemukan kasus-kasus baru yang rata-rata adalah OTG (orang tanpa gejala), ” sebut dia.

Diterangkan, dengan kedapatan kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 baru ini, membuat pihaknya bisa dengan cepat melakukan penanganan dan pencegahan untuk wabah tersebut agar tidak menular ke orang lain.

“Seluruh kasus yang ditemukan telah dilakukan isolasi secara terpusat, di beberapa lokasi yang telah disiapkan Pemerintah Kota Ambon. Dan bagi yang minta isolasi secara mandiri di rumah, lewat Gugus Tugas lakukan penilaian. Kalau rumah mereka memungkinkan, maka diizinkan,” tukasnya.

Ia menjelaskan, penegakkan aturan dalam PSBB Transisi jilid V, disisipkan Peraturan Walikota (Perwali) Ambon nomor 25 tahun 2020, yakni menindaklanjuti intruksi Presiden nomor 6 tahun 2020.

“Pemerintah Kota Ambon dalam PSBB ini, akan melakukan langkah tegas kepada masyarakat yang tidak mengindahkan protokol kesehatan. Jadi yang tidak pakai masker akan dilakukan langkah tegas, sesuai perwali 25 tahun 2020. Tim kami sudah mau melakukan pendidikan,” pesannya. (BKA-1)

Comment