by

PSDKU Tiakur Benahi Fasilitas Kuliah Daring

Ambon, BKA- Koordinator Program Studi Diluar Kampus Utama (SPDKU) Unpatti Tiakur, Prof. Dr. Aholiab Watloly, mengatakan, pihaknya sementara mengupayakan untuk menyiapkan fasilitas kuliah Daring di kampus tersebut.

Hal itu dilakukan untuk menindaklanjuti berbagai keluhan mahasiswa, yang mengaku kesulitan untuk belajar dengan baik, semenjak pemerintah memberlakukan pembelajaran online atau Dalam Jaringan (daring) bagi semua Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun swasta.

“Jadi kita sementara berusaha menyiapkan jaringan internet. Koordinasi terakhir, ahli dalam pemasangan fiber optik sudah tiba Tiakur (Ibukota Kabupaten Maluku Barat Daya). Apabila sudah jalan, maka tinggal pasang jaringan saja. Kalau semuanya sudah siap, kampus sudah bisa memfasilitasi kebutuhan mahasiswa selama kuliah Daring,” terang Watloly, Rabu (5/8).

Dia mengungkapkan, keterbatasan fasilitas internet di kampus itu selama ini, disebabkan karena jaringan internet di Kota Tiakur memang belum maksimal. Sehingga hal itu turut berpengaruh terhadap upaya pihak kampus untuk menyediakan fasilitas itu.

Tapi demi memenuhi kebutuhan mahasiswa untuk melancarkan proses perkuliahan Daring ditengah pandemi Covid-19 ini, pihaknya akan berupaya untuk segera menyiapkan fasilitas pendukung itu.

“Kondisi jaringan (internet, red-) di Tiakur yangg belum baik. Akibatnya, berbagai upaya juga tersendat. Tapi itu terus kita upayakan. Kalau fiber optic sudah siap, sudah bisa dipasang. Karena itu, sudah jadi kebutuhan utama di kampus,” katanya.

Memang, lanjutnya, untuk menuju perubahan, tidak semudah yang dipikirkan. Butuh perjuangan serta kerja sama semua pihak. Dan sebagai anak daerah, WEatloly akan tetap berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di kampus tersebut.

“Memang dalam membangun daerah memerlukan optimisme yang besar dan harus tahan “banting”. Saya berharap, mahasiswa tetap semangat dan giat belajar, walaupun di tengah keterbatasan. Kita doakan, semoga pandemi Covid-19 ini segera berkahir, supaya kita kembali ke rutinitas kita lagi,” pungkas Watloly. (LAM)

Comment