by

PSDKU Tiakur Butuh Bantuan Fasilitas Kuliah Daring

Ambon, BKA- Penerapan kuliah online yang diterapkan Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Unpatti Ambon di Tiakur, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), dikeluhkan mahasiswa.

Keluhan tersebut lebih diarahkan pada masalah fasilitas jaringan internet di kawasan kampus tersebut. Sebab sejak kebijakan pemerintah terkait penerapan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas masyarakat, kampus Unpatti Ambon yang ada di Kabupaten itu langsung menerapkan sistem perkuliahan online, sejak beberapa waktu lalu.

Dari proses penerapan sistem kuliah online tersebut, ternyata banyak mahasiswa yang mengeluh. Terutama mengenai fasilitas jaringan internet.

Salah mahasiswa PSDKU Unpatti di Tiakur, A. Pera, mengungkapkan, karena keterbatas jaringan internet membuat mahasiswa menjadi kewalahan untuk melakukan proses perkuliahan.

“Setiap kita mau kuliah Daring (onlien,red-), kita harus berkeliling untuk mencari jaringan internet dulu. Dan itu kita lakukan terus selama kuliah di masa pandemi Covid-19 ini,” kata Pera, Minggu (2/8).

Untuk itu, dia meminta, agar kondisi tersebut dapat segera dibenahi oleh pihak pengelola kampus PSDKU, sebelum proses perkuliahan tahun akademik 2020/2021 dimulai, terutama terkait fasilitas kuliah online. Sebab sudah pasti jumlah mahasiswa akan lebih banyak dengan adanya mahasiswa baru.

Bukan hanya masalah akses internet dilingkungan kampus yang perlu diperhatikan, terang Pera, namun juga terkait infrastruktur lainnya, guna menciptakan kenyamanan bagi mahasiswa dalam proses perkuliahan.

“Tapi yang utama itu adalah masalah akses internet dulu di lingkungan kampus. Karena semakin banyak mahasiswa, maka semakin banyak pula keluhan, jika tidak ada fasilitas internet dilingkungan kampus,” pungkasnya. (LAM)

Comment