by

PSDKU Tiakur Masih Terbatas Internet

Ambon, BKA- Koordinator Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Pattimura (Unpatti), Prof. Dr. Aholiab Watloly, mengungkapkan, PSDKU Tiakur sampai saat ini masih memiliki banyak keterbatasa.

“Memang kita penuh dengan keterbatasan juga. Salah satunya adalah soal jaringan internet di kampus,” ungkap Watloly, Kamis (7/5).

Upaya kerja sama dengan pihak Telkomsel telah dilakukan, guna memperluas akses internet di kampus berusia 4 tahun ini. Namun karena kondisi Maluku tengah dihadapkan dengan wabah Covid-19, maka upaya pembenahan jaringan internet itu belum sempat dilakukan.

“Jadi, sebelum corona, kita sudah kontrak dengan Telkomsel mengenai jaringan kampus yang masih terbatas ini. Sehingga, rencananya, kalau sudah diperluas, kita akan pasang peralatan video conferens di 6 ruangan kuliah. Tapi belum sempat pasang lagi, penyakit ini (corona) muncul. Kita kalah cepat disitu,” ujar guru besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unpatti itu.

Sebelumnya, ungkap Watloly, memang sudah ada akses internet di kampus tersebut. Namun itu dikhususkan untuk kepentingan kerja kampus. Tidak untuk kalangan warga kampus secara keseluruhan.

“Karena itu, kita minta kapasitasnya ditambah, supaya mahasiswa juga bisa pakai sesuai yang diperlukan. Tapi ternyata, Telkomsel juga masih kekurangan kapasitas. Sehingga harus menuggu lagi. Ini yang dipersoalkan oleh anak-anak di kampus,’’ tuturnya.

Disisi lain, lanjutnya, dalam upaya penambahan kapasitas jaringan, pihaknya juga terkendala dengan masalah anggaran. “Itu sebabnya, perlu pengertian baik dari kita semua. Khususnya anak-anak kita yang sementara kuliah di kampus ini. Bahwa, kita akan terus berkembang, tetapi butuh perjuangan. Dan itu tidak bisa terlepas dari kesiapan anggaran dari pemerintah, dalam hal ini Pemerintah Daerah (Pemda) MBD untuk pengembangan kampus ini,” papar Watloly.

Untuk itu, pihaknya akan berupaya untuk mencari jalan keluarnya, agar proses perkuliahan yang sementara dilakukan secara online ini, bisa berjalan baik. “Kita akan berupaya agar semuanya berjalan sesuai harapan,” tutup Watloly. (LAM)

Comment