by

PT. Bank Maluku Malut Meraih Penghargaan BUMD Terbaik 2020

Ambon, BKA- PT. Bank Maluku Malut kembali berhasil meraih Penghargaan “Infobank Top BUMD Awards 2020” dengan Predicate “EXCELLENT” For The Financial Performance During September 2018–2019 pada Kategori Bank dengan Aset Di bawah Rp. 10 Triliun, karena berhasil mencatatkan kinerja terbaiknya pada Tahun 2019. Penghargaan diberikan oleh Infobank dan The Asian Post pada Acara Penganugerahan 2nd Infobank Top BUMD 2020 – “Infobank Top BUMD E-Awarding 2020″, Rabu, 6 Mei 2020, yang dilakukan melalui telekonferensi video. Penyerahan penghargaan via telekonferensi video dilakukan sesuai protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19 yang merujuk pada instruksi pemerintah.

Berdasarkan hasil kajian Biro Riset Infobank (birI) terhadap 279 BUMD sektor keuangan yang terdiri dari 27 BPD (Bank Pembangunan Daerah), 227 BPR (Bank Perkreditan Rakyat), dan 25 Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) di Indonesia, atas laporan kinerja keuangan tahunan perusahaan per September 2019, maka penghargaan diberikan kepada 70 BUMD (terdiri dari 17 BPD, 50 BPR, dan 3 BPRS) yang berhasil mencatatkan kinerja keuangan terbaiknya dengan predikat “Sangat Bagus”. Penganugerahan 2nd Infobank Top BUMD 2020 merupakan suatu bentuk apresiasi kepada Bank-Bank milik Pemerintah Daerah yang berkinerja sangat baik dan mampu beradaptasi di era kompetisi yang semakin ketat sehingga dapat memaksimalkan perannya sebagai agen pembangunan daerah sesuai Visi Misi Pemerintah.

“Ke-70 BUMD sektor keuangan ini layak mendapat apresiasi karena di tengah kondisi perekonomian yang menurun sejak enam tahun terakhir, mereka masih berhasil mencatatkan kinerja terbaiknya,” ujar Eko B. Supriyanto, Direktur Biro Riset Infobank, saat memberikan kata sambutan pada acara yang digelar secara online melalui aplikasi Zoom tersebut. Sesuai catatan Biro Riset Infobank, Bank Maluku Malut layak mendapat apresiasi karena kepiawaian manajemen dalam menjaga kinerja Bank sehingga semua indikator utama keuangan bertumbuh secara positif. Bahkan, empat indikator utama keuangan yakni Aset, Kredit, DPK (Dana Pihak Ketiga), dan Modal Inti bertumbuh double digit.

Saat menerima penghargaan tersebut, Direktur Kepatuhan PT. Bank Maluku Malut, Abidin, menyampaikan bahwa “Propinsi Maluku dan Maluku Utara memiliki karakteristik yang berbeda dengan Propinsi lain di Indonesia sebagai daerah kepulauan yang merupakan tantangan tersendiri dalam menjalankan proses bisnis ditengah persaingan bisnis bank yang semakin ketat dan kompleks dewasa ini. Meskipun demikian dengan komitmen dan strategi bisnis yang dijalankan Bank Maluku Malut mampu menunjukan kinerja yang semakin baik dari tahun ke tahun serta dukungan penuh seluruh stakeholder dan shareholder di Propinsi Maluku dan Maluku Utara, sehingga penganugerahan“ 2nd Infobank Top BUMD 2020” yang diraih sebagai Bank Berkinerja “Sangat Bagus” memang pantas diterima. Penghargaan yang diterima tentunya mempunyai pengaruh positif untuk memotivasi seluruh jajaran PT. Bank Maluku Malut untuk menunjukan kinerja yang semakin membaik secara berkelanjutan.

Acara pemberian penghargaan didahului dengan Web-Seminar dengan tema “Andil BUMD dalam Mendukung Pemerintah Daerah Menangani Covid-19 dan Penyelamatan Perekonomian”, dan sebagai narasumber dalam seminar yang diikuti jajaran Direksi BUMD itu antara lain: Ganjar PranowoGubernur Jawa Tengah; Dr. Moch. Ardian Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri; Hanung Herliyanto-Direktur Pengawasan dan Penelitian Perbankan OJK; Prof. Dr. Nelson Pomalingo-Bupati Gorontalo; dan Santoso Rahmad-Direktur Utama Bank DIY. (Bank Maluku Malut)

Comment