by

PUPR Akan Bangun Pusat Industri Kreatif Ambon

Ambon, BKA- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Ambon akan membangun pusat industri krearif atau Youth Creative Hub di Kota Ambon, pada 2021 mendatang.

Pembangunan dengan menggunakan dana APBN 2021 sebesar Rp 204 miliar itu akan dibangun diatas lahan seluas 2,6 hektar dikawasan Negeri Halong, Kecamatan Baguala.

Kepala Dinas PUPR Kota Ambon, Enrico Matitaputty, mengungkapkan, pembangunan program “Youth Creative Hub” dilakukan berdasarkan instruksi langsung Presiden Jokowi.

Sebagai langkah awal pembangunan itu, akan dimulai dengan proses tahapan lelang, yang rencana akan dilakukan pada Desember 2020 nanti.

Sesuai dengan master plan, pusat industri kreatif akan dilengkapi gedung pendukung, diatnaranya, ruang konferensi, ruang pertunjukan musik, ruang display UMKM anak muda.

“Dalam desainnya, juga akan dibangun kantor Ambon Music Office, pusat dokumentasi musik nasional dan sekolah musik, yang akan dijadikan sebagai distrik kreatif dengan sasaran kaum milenial,” ucapnya.

Sementara untuk gambar pra design, kata Matitaputty, pihaknya sudah mempersiapkannya. Sedangkan proses suratnya, akan diusulkan masuk dalam anggaran perencanaan APBD perubahan tahun 2020.

“Jadi untuk dana APBN sudah fix, sebesar Rp204 miliar. Pembangunanya akan dimulai tahun 2021, dan telah dibahas dalam konfrensi regional kementerian PUPR tinggal kita siapkan desainnya aja,” tutupnya. (RHM)

 

 

Comment