by

Purnomo atau Gibran, DPP PDIP Umumkan Cawalkot Solo Juli

Ambon, BKA- Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) belum memutuskan siapa yang bakal diusung dalam Pilkada Kota Solo 2020. Sejauh ini dua nama bakal calon mengemuka, yakni Achmad Purnomo dan Gibran Rakabuminh Raka.

Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat mengatakan Ketua Umum (Ketum) DPP PDIP Megawati Soekarnoputri akan mengumumkan nama cawalkot Solo yang akan diusung pada Juli 2020 mendatang.

Menurutnya, nama cawalkot Solo akan diumumkan secara serentak bersama calon kepala daerah lain yang akan diusung yang belum diumumkan pada Februari 2020 silam.

“Insya Allah, akan diumumkan secara serentak pada bulan Juli [2020],” kata Djarot kepada CNNIndonesia.com, Senin (8/6).

Lebih jauh, Djarot tidak merespons saat ditanya apakah masih ada DPC atau DPD PDIP yang melakukan penjaringan jelang pengumuman tersebut.

Djarot juga tak menjawab saat ditanya apakah rekomendasi dari DPC atau DPD, seperti rekomendasi DPC PDIP Solo, akan menjadi pertimbangan DPP untuk menentukan calon kepala daerah yang akan diusung di 270 wilayah yang menggelar Pilkada Serentak 2020.

Sebelumnya, DPC PDIP Solo menolak pengunduran diri Purnomo dari Pilkada Kota Solo 2020. Keputusan tersebut diambil saat rapat konsolidasi pengurus ranting, anak cabang, dan cabang, di Kantor DPC, Sabtu (6/6).

“DPC PDIP Solo memutuskan untuk menolak permohonan pengunduran diri Bapak Achmad Purnomo,” kata Ketua Bidang Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPC PDIP Solo, Putut Gunawan saat jumpa pers, di kantornya, Minggu (7/6).

Putut mengatakan keputusan tersebut diambil dengan pertimbangan menjaga kesolidan partai di tingkat akar rumput. Mengingat Purnomo diusulkan DPC PDIP berdasarkan aspirasi kader dari tingkat ranting (kelurahan) hingga cabang (kota).

Diketahui Purnomo dan Gibran merupakan dua kandidat kuat yang muncul dari PDIP di kontestasi politik lima tahunan Kota Solo.

Purnomo bakal berpasangan dengan Teguh Prakosa yang kini menjabat sebagai anggota DPRD Solo, sementara Gibran belum memiliki pendamping.

Pasangan Purnomo-Teguh diusulkan setelah melalui proses penjaringan tertutup di internal DPC PDIP Solo. Sementara Gibran mendaftar langsung ke DPD PDIP Jawa Tengah tanpa melalui DPC PDIP Solo. (INT)

Comment