by

Puskesmas Lebelau dan Puskesmas Arwala Diresmikan

Ambon, BKA- Dalam kesempatan kunjungan kerja ke Kecamatan Kisar Utara, Bupati MBD, Benyamin Th Noach, yang didampingin Ketua TP PKK MBD, Rely Noach, berkesempatan meresmikan Puskesmas Lebelau dan Puskesmas Arwala, di Desa Lebelau, Senin (31/8).

Sebelum meresmikan dan diserahterimakan, Bupati beserta rombongan terlebih dahulu meninjau langsung gedung baru Puskesmas Lebelau, untuk memastikan kalau hasil pekerjaan Puskesmas tersebut sesuai dengan harapan.

Setelah melakukan peninjauan, Bupati Noach, mengatakan, bahwa terlepas dari gedung yang mewah serta fasilitas yang menunjang, ada tugas penting yang harus diperhatikan dan dilakukan dengan baik, yakni, pelayanan.

Pelayanan penting untuk diperhatikan, agar kebutuhan kesehatan masyarakat dapat terlayani dengan baik. “Hal ini disampaikan bukan untuk mencari kesalahan, tapi kita sama-sama membangun dan memastikan, bahwa setiap uang negara dipakai sebesar-besarnya untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat Maluku Barat Daya. Gedung yang bagus tidak cukup, butuh pelayanan prima yang sama dengan gedungnya. Karena rakyat tidak butuh gedung yang bagus, fasilitas yang bagus, tapi yang sangat dibutuhkan pelayanan yang prima,” tegas Noach.
Memang diakuinya, bahwa terkait fasilitas tenaga medis di MBD, masih sangat terbatas. Hal itu dipengaruhi oleh kondisi keuangan daerah dan keuangan negara yang terbatas pula, sehingga menyebabkan para tenaga medis dalam pelayanannya belum mendapatkan hasil jeripayah yang sesuai dengan harapannya.

Dengan kondisi tersebut, katanya, bukan berarti, masyarakat tidak dilayani dengan baik. “Untuk semua keterbatasan yang ada ini, saya mengajak kita semua untuk menydari, bahwa jabatan dan tanggung jawab yang diberikan kepada kita adalah mengabdi kepada rakyat dan Tuhan. Dengan demikian, semoga kita terus memberikan diri untuk mengabdi kepada masyarakat, walaupun ditengah keterbatasan yang ada,” pinta Noach.

Diakhir acara peresmian tersebut, dilakukan penyerahan bantuan kepada sejumlah sekolah, berupa perangkat pembelajaran dan bantuan tiga unit Motor Tosa untuk Desa Kiou Manumere, Desa Romleher Selatan dan TKBM Pelabuhan Wonreli.

Turut hadir dalam peletakan batu pertama tersebut, sejumlah anggota DPRD asal Pulau Kisar, diantaranya, S. Petrusz, L. Boreel, Gelion Tumangken. Hadir pula Sekretaris Daerah (Sekda) MBD A. Siamiloy, Pimpinan OPD Lingkup MBD, mantan anggota DPRD Maluku asal MBD M. Frans, Forkopimcam Pulau Kisar, pimpinan organisasi vertikal, dewan guru se-Pulau Kisar, Ketua Latupatti Pulau Kisar, Para Kepala Desa, Kepala Dusun, BPD se-Pulau Kisar serta masyarakat setempat. (LAM)

Comment