by

Putra Daerah Jabat Wakapolda Maluku

Ambon, BKA- Brigjen Pol Jan Leonard De Fretes resmi mengemban tugas sebagai Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Maluku. Penyandang status sebagai Wakapolda Maluku itu digelar dalam upacara serah terima jabatan, yang di pimpin langsung Kapolda Maluku, Irjen Pol Baharudin Djafar, bertempat di aula Rupatama Polda Maluku, Senin (11/5).

Wakapolda Maluku yang sebelumnya dijabat Brigjen Pol Teguh Sarwono, kini diganti Brigjen Pol Jan Leonard De Fretes. De Fretes sebelumnya menjabat selaku Penyidik Tindak Pidana Umum TK.II Bareskrim Polri.

Sementara Brigjen Pol Teguh Sarwono mendapat promosi jabatan sebagai Kapolda Bengkulu.

Kapolda Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar dalam sambutannya mengatakan, mutasi atau pergantian jabatan di tubuh Polri merupakan hal yang biasa. Dan terutama kepada Wakapolda Maluku yang baru, agar melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dengan penuh semangat dan dedikasi yang tinggi, apalagi Wakapolda merupakan anak daerah Maluku sendiri.

“Ini juga bagian dari pembinaan karir, serta sebagai sarana penyegaran personel Polri. Selain itu, Wakapolda itu anak dearah Maluku sendiri sehingga kita butuh dedikasi dan semangat yang baik untuk menjalankan tugasnya di institusi Polda Maluku,”kata Irjen Pol Baharudn Djafar.

Jenderal Bintang Dua ini mengingatkan, saat ini Polda Maluku sementara melaksanakan beberapa operasi kepolisian antara lain Operasi Aman Nusa II Siwalima Tahun 2020 dalam rangka memutus mata rantai penyebaran covid-19 dan Operasi Ketupat Siwalima 2020 dalam rangka pengamanan bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri 1441 Hijria.

“Selain dua operasi tersebut diatas, kita juga akan melaksanakan pengamanan pilkada di empat kabupaten yang ada di provinsi maluku yakni di kabupaten Kepulauan Aru, Seram Bagian Timur, Buru Selatan dan Kabupaten Maluku Barat Daya,” jelas Baharudin.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Kapolda juga menyampaikan ucapan terima kasih Brigjen Pol Teguh Sarwono. Dia juga menyampaikan selamat atas promosi jabatan yang baru.

“Semoga pengalaman selama di Maluku tetap dikenang selamanya,” harap Kapolda kepada Wakapolda yang lama.

Kepada Brigjen Pol Jan Leonard De Fretes, tambah Kapolda, mewakili Jajaran Polda Maluku mengucapkan selamat datang. Dia berharap, Sabagai Wakapolda Maluku, mampu memberikan warna yang baru di lingkup Polda Maluku terlebih sebagai Putra Daerah.

“Saya berharap pak Wakapolda memberikan warna yang baik, apalagi sebagai putra daerah Maluku sendiri,” tandasnya.

Turut hadir dalam giat tersebut, Pejabat Utama (PJU) Polda Maluku dan Kapolresta Pulau Ambon dan Pp Lease. Kombes Pol. Leo Surya Nugraha Simatupang. (SAD)

Comment