by

Rayakan 17 Agustus Lewat Zoom

Ambon, BKA- Sudah menjadi tradisi bagi setiap warga negara Indonesia untuk merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia setiap tanggal 17 Agustus. Namun akibat pandemi, para siswa akan merayakan HUT RI ke 75 tahun ini, secara virtual lewat aplikasi zoom.

Sebab, kota Ambon sendiri telah dinyatakan kembali pada zona merah (tinggi) penyebaran Cocid-19. Penetapan zona merah ini ditetapkan saat Ambon sementara menerapkan PSBB Transisi jilid II.

Dengan berada dalam Zona Merah, dimungkinkan sebagian siswa siswi baik di tingkat SD dan SMP di kota Ambon terancam akan merayakan 17 Agustus melalui aplikasi zoom.

“Sebagian dengan zoom-zoom, ” tandas Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Fahmy Salatalohy, saat dihampiri Koran ini, di Balai Kota, Kamis (13/8).

Fahmy menjelaskan, tidak semua sekolah yang dibawa naungan Pemerintah Kota Ambon merayakan HUT Kemerdekaan melalui zoom. Karena ada sebagian wilayah yang belum tersentuh fasilitas internet, seperti di kecamatan Leitimur Selatan.

“Kemungkinan dikondisikan. Ada yang tidak mengikuti, karena kondisi sekolah-Sekolah yang mungkin posisinya agak di Leitisel begitu. Kalau di pinggir-pinggiran tidak terlalu. Artinya posisi sekolah kan tidak semuanya di kota. Ada yang di gunung-gunung,” sebutnya.

Dia menambahkan, sesuai data yang dihimpun dinasnya, perayaan HUT Kemerdekaan RI lebih banyak dilaksanakan dengan melalui aplikasi zoom.

“Tergantung sekolah masing-masing. Dan Saya cek, kebanyakan itu mereka lewat zoom,” bebernya.

Ditutur Fahmi, sampai detik ini, belum juga ada konfirmasi dari sekolah yang di luar Kota Ambon, akan melaksanakan hari lahir kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini.

“Tapi sebagian besar itu, mereka lewat zoom,” tutupnya. (BKA-1).

Comment