by

Relaksasi Cicilan, Kewenangan OJK dan Perbankan

Ambon, BKA- Upaya memitigasi dampak virus corona terhadap perekonomian, Presiden Joko Widodo mengambil kebijakan dengan meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) lebih fokus kepada kebijakan stimulus ekonomi dalam dunia perbankan.

Stimulus tersebut untuk memberikan kemudahan dan keringanan cicilan bagi kelompok-kelompok usaha terdampak seperti Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan sektor informal.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Ambon, Marthen Keiluhu menjelaskan, secara umum pihaknya hanya mengetahui hal-hal umum. Namun terkait dengan hal-hal teknis terkait kebijakan Presiden tersebut ditangani langsung oleh pihak OJK dan perbankan.

Pasalnya, setiap UMKM yang ada di Kota Ambon memiliki pembiayaan sendiri yang tidak dicampuri oleh pihaknya.

“Secara umum masing-masing dari UMKM yang ada punya pembiayaan atau yang ada pinjam, diharuskan permohonan ke OJK dan bank. Jadi secara umum kita cuma tahu seperti itu, tapi secara teknis itu di perbankan dan OJK,” terang Keiluhu, kepada wartawan, Rabu (13/5).

Dengan begitu, masalah keringanan pembiayaan akan ditangani oleh masing-masing UMKM. Untuk keringanan tersebut sesuai kebijakan pemerintah, UMKM selaku nasabah berhubungan langsung dengan bank.
“Nasabah yang terkena dampak dari kebijakan tersebut nantinya berurusan langsung dengan OJK maupun bank,” tuturnya.

Disebutkan, pihaknya tidak akan mencampuri masalah keringanan pembiayaan namun sebelum itu pihaknya memang membantu UMKM untuk mencari pembiayaan yang tepat.

“Itu bagian dari OJK dengan perbankan, kemudian nantinya perbankan berhubungan dengan nasabahnya,” jelasnya.

Menurutnya, UMKM yang merasa kesusahan untuk masalah pembiyaan di tengah pandemi covid 19, dapat langsung berkonsultasi dengan OJK maupun perbankan, yang sebelumnya membantu pembiayaannya.

Mengingat semua hal yang berkaitan dengan pelaksanaan kebijakan Presiden ditangani langsung oleh OJK dan bank.

“Pelaksanaan yang disampaikan Presiden itu nantinya OJK yang melaksanakannya, petunjuk dan segalanya itu OJK,” tutup dia. (DHT)

Comment