by

Relokasi Pedagang, Pemkot Cari Solusi Lain

Ambon, BKA- Meski beberapa rencana relokasi pedagang sempat dibatalkan, Pemerintah Kota Ambon sementara mencari solusi lain agar lapak- lapak yang terkena dampak relokasi bisa dikosongkan.

Walikota Ambon, Ricard Louhanapessy mengatakan, sesuai pantauan di lapangan, memang ada sejumlah lapak yang belum di bongkar, tetapi Pemkot akan mencari solusi untuk itu.

Dan sementara ini, akui dia, ada tiga titik lokasi pasar yang telah disiapkan untuk memindahkan para pedagang. Agar berjualan sembari menunggu selesai pasar Mardika dibenahi.

Dan di akhir bulan ini, proses tender untuk merevitalisasi pasar Mardika sudah harus dilakukan, tanpa ada alasan.

“Akhir Agustus ini, sudah mulai proses tender, untuk memenuhi pasar baru itu,” bebernya.

Dijelaskan, kurang lebih ada sekitar 1.600 pedagang yang kena dampak relokasi pada tiga pasar yang telah disiapkan Pemkot.

“Jadi sementara ada pedagang yang pindah ke pasar Passo, ada pedagang yang pindah sementara itu di pasar Apung, dan ada yang ke pasar di Tantui,” cetusnya.

Selain itu, tandas Louhenapessy, Pemkot juga sudah berpikir untuk pedagang yang belum mendapat tempat. Untuk nantinya akan berjualan di pasar Wayame sementara waktu.

“Nanti kita akan pikir juga mungkin di pindakan ke Wayame, yang belum mendapatkan tempat. Akhir Agustus pasar Mardika pasti sudah bersih untuk relokasi pedagang pasar itu,” tukasnya.

Sekedar tahu, Pemkot akan melakukan relokasi kepada ribuan pedagang di pasar Mardika. Hal tersebut dilakukan agar pihaknya lewat dinas terkait bisa menjalankan program revitalisasi pasar Mardika berlantai 5.

Yang mana sesuai perintah Pemerintah Pusat,. relokasi akan tetap dilakukan, untuk bagaimana bisa membenahi pasar Mardika menjadi pasar rakyat yang layak seperti di daerah lain. (BKA-1)

Comment