by

Revitalisasi Pasar Mardika Masuk BGH

Ambon, BKA- Disamping mempersiapkan proses relokasi terhadap para pedagang, proses revitalisasi pasar Mardika telah masuk tahapan Bangunan Gedung Hijau (BGH) atau bangunan teluk hijau. Ini ditegaskan Kepala Dinas PUPR Kota Ambon, Enrico Matitaputty, saat dihubungi koran ini Rabu (5/8).

“Revitalisasi pasar Mardika, proses perencanaan sudah selesai. Sekarang sudah dua Minggu ini kita berproses dengan Kementerian PUPR terkait dengan BGH bangunan teluk hijau,” tutur Enrico.

Ia menjelaskan, proses BGH sementara dikedepankan untuk bagaimana dapat melihat sirkulasi udara seperti AC dan sebagainya untuk dikurangi. Yakni untuk melakukan penghematan energy terhadap proyek revitalisasi yang akan dilakukan.

“Jadi memang bangunan-bangunan yang sekarang itu diisyaratkan PUPR untuk hemat energi. Sehingga memang itu bangunan-bangunan hijau itu harus kita kedepankan. Jadi sirkulasi udaranya bagaimna, sehingga memang kebutuhan-kebutuhan terkait dengan AC dan segala macam bisa dikurangi,” terang

Menurut dia, pihaknya akan kembali berkonsultasi dengan Kementerian PUPR untuk 13 Pasar di Kementerian PUPR, termasuk pasar Mardika Ambon.

“Jadi tanggal 12 ini, Kota Ambon bagi yang ada 13 pasar yang sistensi di Kementerian PUPR, Kota Ambon pasar Mardika itu jatanya tanggal 12,”
Disinggung soal kapan revitalisasi mulai dilakukan, Enrico menilai, Pemerintah Kota Ambon melalui PUPR telah mempresentasikan tahap awal ke Kementerian PUPR.

“Kita sudah presentasi awal, sekarang kita pendalaman terkait dengan kita punya fungsi BGH bagunan teluk hijau. Jadi tahun ini sedikit yang kita kerja, palingan pembongkaran, kemudian pasang pondasi, 2021 itu sudah selesai,” tandasnya.

Ia menambahkan, terkait dengan lelang fisik, hingga saat ini belum dapat dilakukan. Lantaran masih menunggu pembangunan BGH selesai, baru kemudian dokumen diserahkan ke Balai Cipta Karya untuk melakukan roses pelelangan.

Comment