by

Revitalisasi Pasar Mardika Segera Ditenderkan

Ambon, BKA- Tender fisik untuk revitalisasi pasar Mardika, Ambon, akan segera dilaksanakan oleh Balai Cipta Karya. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Ambon, Enrico Matitputty kepada wartawan di Balai Kota, Senin (11/5).

Menurutnya, untuk tender fisik itu akan segera dilakukan karena proses revitalisasi pasar akan dilaksanakan dalam tahun ini.

“Jadi kita sudah fix dengan di balai, dalam hal ini mewakili Kementerian PUPR. Jadi itu tidak masalah dan pasti dia jalan,” terang Enrico.

Dikatakan, untuk tender fisik yang dilakukan sendiri menggunakan dana awal yakni Rp 160 miliar, meskipun saat ini anggaran yang diberikan hanya Rp 3.8 miliar saja.

“Tender fisik itu nanti balai, setahu saya itu mereka tender dengan total 160 miliar. Tapi yang dianggarkan kan cuma 3,8 miliar, karena sebagian besar dana dialihkan ke penanganan Covid,” tuturnya.

Menurut dia, proses tersebut akan tetap berjalan sesuai rencana, mengingat perencanaan untuk revitalisasi pasar tersebut sudah dilaksanakan sejak lama. Dan dengan Rp 3,8 miliar itu, akan membuat pasar Mardika dalam pembangunannya akan berkelanjutan hingga tahun 2021 mendatang.

“Proses perencanaan sudah jalan itu, dananya tidak besar hanya 3,8 miliar dan itu supaya dia berkelanjutan tahun 2021,” cetusnya.

Dan pembangunan pasar Mardika, lanjut dia, akan tetap 5 lantai. Yakni 4 lantai digunakan sebagai pasar, dan 1 lantai lainnya akan digunakan sebagai lokasi kuliner dan outdoor.

Sebelumnya, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy mengaku, untuk anggaran revitalisasi pasar Mardika, dipotong oleh Pemerintah Pusat karena sebagian besar dana disalurkan kepada penanganan covid 19 di Indonesia.

Dan Pemerintah Pusat telah memangkas 12 pasar yang direncanakan dibangun dalam tahun ini, dengan hanya menyisakan 2 pasar saja di Indonesia.

“Memang anggarannya di potong dari 14 pasar yang ditetapkan untuk anggaran tahun ini itu cuma 2 pasar saja yang diakomodir itu pasar di Ambon dan ada satu lagi,” tambahnya belum lama ini. (DHT)

Comment