by

RS Diminta Tak Hanya Fokus Covid-19

Ambon, BKA- Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku, Melkianus Sairdekut, meminta pihak Rumah Sakit (RS) untuk tidak hanya terfokus dalam penanganan pasien Covid-19. Melainkan penanganan harus sama pada pasien umum lainnya.

Pasalnya, masyarakat banyak yang mengeluh dengan pelayanan kesehatan pada beberapa RS di Kota Ambon, yang terkesan kurang melayani pasien umum dibandingkan pasien Covid-19.

“Sekarang ini fokus untuk seluruh pemerintah provinsi, kabupaten dan kota. Apalagi kita di Ambon khususnya, seluruhnya terfokus dengan penanganan Covid-19. Kita berharap dan menghimbau pemerintah daerah untuk tidak boleh mengesampingkan pasien-pasien yang datang dengan penyakit diluar Covid-19. Sehingga kita minta seluruh pihak RS agar seluruh pasien umum yang datang, harus menggunakan pakaian standar penanganan Covid-19,” tandas Melkianus, kepada koran ini, Rabu (3/6).

Hal itu dimaksud, kata dia, agar dalam pelayanan pasien umum tidak lagi ada kecolongan seperti yang terjadi beberapa waktu lalu di salah satu RS Kota Ambon. Maka untuk untuk pelayanan pasien umum tetap mendapat pelayanan kesehatan dan pemberlakukan yang sama dalam melakukan pengobatan.

Ia mencontohkan, ada pasien dengan kondisi sakit pilek atau lainnya, dalam proses penanganan awal pihak RS harus menggunakan prosedur Covid-19 dengan menggunakan perlatan yang sesuai standar pelayanan Covid-19.

“Kita harap, tidak boleh ada RS yang menolak pasien-pasien umum diluar Covid ini. Karena hari ini saudara-saudara kita yang mengalami kesakitan diluar Covid-19 juga banyak. Kita menghimbau terutama bagi RS pemerintah se Maluku, untuk menjalankan tugas-tugas pelayanan kesehatan ini dengan menaruh protokol penanganan Covid-19 di depan. Agar agar tidak terjadi hal-hal yang kita tidak inginkan,” imbaunya.

Sebagai penanggung jawab operasional Gugus Tugas (Gustu) Provinsi, dalam penanganan Covid-19 di Maluku juga diminta agar pasien diluar Covid-19 harus diberikan perhatian yang sama.

“Kalau tidak gimana cara penanganan pasien umum. Maka ini menjadi tanggungjawab Gustu, bisa menyampaikan hal itu ke pihak RS di Maluku, terlebih khusus Kota Ambon agar bisa melayani pasien umum dengan baik,” pesannya. (RHM)

Comment