by

Satgas BUMN Giatkan Kampanye Pakai Masker Antisipasi COVID-19

Medan, 12/8 (ANTARA) – Satuan Tugas Bencana BUMN Sumatera Utara secara rutin akan terus mengkampanyekan pakai masker kepada masyarakat dalam upaya mengurangi penyebaran virus corona (COVID-19), mengingat jumlah pasien positif didaerah itu terus bertambah.

“Kami secara aktif terus mengajak masyarakat untuk patuh dan sadar diri menggunakan masker, karena masker bisa mengurangi dampak penyebaran COVID-19,” kata Koordinator Satgas Bencana BUMN Sumut, Ismail Midi di Medan, Rabu.

Sejauh ini, jumlah orang terinfeksi COVID-19 di Sumatera Utara, berdasarkan data terbaru yang dirilis Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 tercatat sebanyak 4.948 orang.

Sementara itu, untuk jumlah pasien positif COVID-19 yang berhasil sembuh di Sumut terus mengalami peningkatan dari hari ke hari yang saat ini sudah mencapai 2.097 orang.

“Berdasarkan data itu akan menjadi fokus kami untuk mengajak masyarakat sadar diri menggunakan masker yakni dengan cara mengkampanyekan penggunaan masker di tempat keramaian seperti di pasar,” kata pria yang menjabat sebagai Kepala Departemen CSR PT Inalum.

Untuk itu pihaknya akan menggandeng semua pihak secara bersama-sama untuk mengkampanyekan pentingnya menggunakan masker, selain itu juga diharapkan masyarakat sadar bahwa masker penting untuk mencegah terpapar COVID-19.

Selain itu, syarat masker kain yang digunakan masyarakat adalah memiliki kemampuan filtrasi setidaknya mendekati masker medis.

Bahan masker yang memiliki filtrasi yang baik seperti kain katun dan disarankan memiliki 3 lapis, serta tidak mengganggu pernapasan dan menutupi bagian hidung dan mulut.

“Rencananya Satgas Bencana BUMN Sumut dan masing- masing BUMN yang ada di wilayah ini akan memberikan bantuan masker,” ujarnya.* (Pewarta : Juraidi – Editor : Erafzon Saptiyulda AS)

Comment