by

SD Muhammadiyah Rancang Kurikulum Darurat

Ambon, BKA- SD Muhammadiyah Ambon telah merancang kurikulum darurat, yang akan digunakan pada tahun ajaran 2020/2021 mendatang.

Menurut Kepala SD Muhammadiyah Ambon, L. Siolimbona, rancangan kurikulum darurat itu dibuat agar proses pembelajaran pada tahun ajaran baru nanti bisa berjalan dengan baik.

“Kita merancang kurikulum darurat ini sebagai bentuk kesiapan kita, jika Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) kembali dilakukan di sekolah maupun di rumah. Karena sesuai dengan Surat Edaran (SE) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), tanggal 13 Juli mendatang, sekolah akan memasuki tahun ajaran baru. Sehingga SD Muhammadiyah yang adalah salah satu sekolah di kota Ambon pun harus mulai melakukan persiapan, baik dalam menghadapi new normal atau pun Covid-19 berkelanjutan,” ujar Siolimbona, Selasa (16/6).

Ada beberapa rancangan yang telah digagas dalam kurikulum darurat tersebut. Diantaranya, pemberlakukan shif belajar, penguatan sumber daya para guru, serta pendampingan dan pengawasan kepada anak-anak didik selama pendemi Covid-19.

“Jadi, jika terjadi new normal, sudah dipastikan siswa akan di bagi dalam 2 shif kelas. Itu kalau kita belajar di sekolah. Tapi kalau secara online, maka sudah tentu, kesiapan para guru yang menjadi prioritas. Dalam hal ini, sumber daya mereka harus memadai. Kalau yang tidak memiliki fasilitas online, maka pendampingan serta pengawasan guru akan dilakukan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang berlaku. Ini dalam rangka menjangkau anak didik kita yang ada di rumah lewat pembelajan jarak jauh,” ucapnya.

Kendati demikian, lanjut Siolimbona, meskipun telah menyiapkan berbagai rencana, pihaknya tetap menunggu keputusan dari Pemerintah Kota (Pemkot).

“Untuk itu, kita tetap tunggu instruksi dari Pemkot, terkait apa pola pembelajaran kita nanti di tahun ajaran baru ini. Supaya bisa kita sesuaikan dengan kurikulum darurat yang sudah kita rancang. Paling tidak, kita tahu pola yang akan dilakukan itu seperti apa,” tandasnya. (LAM)

Comment