by

Sebagian Kepsek Belum Kantongi NUKS

Ambon, BKA- Hingga saat ini, sebagian kepala sekolah (Kepsek) di Kota Ambon belum mengantongi Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS). Padahal NUKS wajib dimiliki setiap kepsek, sebagai bukti kompetensi untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat.

“Sekarang ini hampir semua kepala sekolah yang sudah punya NUKS, tapi sekarang ini ada yang belum,” beber Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Fahmy Salatalohy, kepada wartawan, RAbu (15/7).

Menurutnya, perolehan NUKS sendiri sangat penting, agar sekolah dapat terbantu. Dan bagi sebagian kepsek yang belum kantongi NUKS, dikarenakan terhambat dengan adanya pandemi virus Covid-19. Bahkan kota Ambon sendiri saat ini masih dalam pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar tahap II, sehingga tidak memungkinkan adanya perkumpulan masyarakat dalam jumlah yang besar.

“Bagi Kepsek yang ingin memiliki NUKS, harus mengikuti pelatihan kapasitas yang diadakan oleh pemerintah,” terangnya.

Diakuinya, beberapa waktu yang lalu puluhan kepsek tersebut sudah dijadwalkan untuk mengikuti pelatihan kapasitas. Namun dibatalkan karena adanya pembatasan sosial yang diberlakukan oleh pemerintah untuk penanganan corona.

“Karena kemarin itu mereka tidak sempat ikut kegiatan pelatihan kapasitas kepala sekolah, akibat adanya pembatasan sosial,” tuturnya.

Kata Fahmi, dengan adanya penyebawan wabah Corona saat ini, pihaknya menyarankan kepada kepsek untuk menunggu saja hingga ada pemberitahuan lanjutan. Namun, untuk proses sertifikasi tetap dijalankan dan bantuan kepada sekolah masih berjalan seperti sebelumnya.

“Nanti mereka ikut pelatihan dulu baru mereka bisa dapat NUKS. Iya, kita tunggu habis corona dulu. Sertifikasi tetap jalan dan program lainnya itu tetap jalan,” tukasnya.

Dilanjutkan, NUKS telah menjadi syarat bagi setiap kepsek untuk memperoleh bantuan dari Pemerintah Pusat, sehingga seluruh kepsek yang ada di Ambon harus memiliki NUKS.

Dengan begitu, pihaknya mendorong seluruh Kepsek lingkup Pemerintah Kota Ambon untuk miliki NUKS. Karena sangat penting bagi sekolah yang dipimpin maupun sebagai bukti kepsek yang ada mempunyai kualitas. (DHT).

Comment