by

Sebagian Program HUT Kota Ditiadakan

Ambon, BKA- Akibat jumlah kasus penyebaran Covid-19 kian meningkat hingga kota Ambon kembali ke zona merah, membuat perayaan HUT Kota Ambon kali ini terasa berbeda. Sejumlah program yang disiapkan Pemerintah Kota Ambon sebelumnya, telah ditiadakan.

“Hari ini, kita jalankan hari jadi Kota Ambon, dengan suasana yang lain. Tidak sama seperti tahun-tahun sebelumnya,” tegas Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, lewat sambutannya di sela-sela upacara HUT Kota Ambon ke 445, di lapangan Tahapary, Polda Maluku, Tantui, Senin (7/9).

Walikota dua periode ini mengaku, sejumlah program yang ditiadakan diantaranya, Amboina Carnaval Musik, lomba Baris Indah, lomba Baris Empang, Makan Patita, dan sejumlah kegiatan di perkantoran maupun d kelurahan atau desa seperti Goyang Tobelo hingga Kaka Enda.

“Dan tidak bisa lihat nona Ambon dan nyong Ambon pakai baniang, baju celengan kabaya, dan konde bunga ronge di kepala. Tidak ada bunyi tipar, tuwuri, juga kapata,” tuturnya.

Padahal kata dia, pihaknya telah mengumumkan untuk suasana HUT Ambon tahun ini, akan dilaksanakan dengan acara yang meriah. Namun kondisi pandemi merubah segalanya.

Untuk itu, tambah Richard, Pemerintah Kota Ambon, meminta maaf kepada masyarakat. Dan berdoa semoga di tahun berikutnya, perayaan HUT Kota Ambon akan lebih meriah dari tahun ini.

“Semua ini, karena virus corona, lalu virus ini telah menjadi pandemi buat kita, dan buat dunia. Ini yang pertama kali, semua mata tidak tertuju di lapangan Merdeka Ambon. Yang menjadi pusat peringatan hari jadi Kota Ambon, tapi tertuju dilayar HP, laptop atau komputer buat ikut upacara ini secara virtual,” pungkasnya. (BKA-1).

Comment